5/05/2014

Tahap-Tahap Membuat Software Aplikasi dengan Delphi 7

Tags



Tahap-Tahap Membuat Software Aplikasi - Seiring perkembangan dalam dunia software aplikasi semakin hari makin betambah besar. Banyak orang-orang yang terjun dan berbisnis dalam pembuatannya seperti Aplikasi Keuangan, Aplikasi Kasir, Aplikasi Gudang dan lain-lain.

Dalam pembuatannya software-software tersebut menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda contohnya dengan bahasa pemrograman Delphi 7, C++, Visual Basic / VB / Vb.net, Php dan masih banyak yang lainnya.
Langkah Membuat Aplikasi Delphi 7

Kali saya akan memberikan sedikit mengenai Tahap-Tahap Membuat Software Aplikasi dengan Bahasa Pemrograman Delphi 7 :

1. Membuat Database
Ini penting dilakukan karena nantinya akan mempermudah anda dalam hal pengerjaan pembuatan aplikasi. Membuat rancangan database beserta dengan tabel di dalamnya yang akhirnya untuk menyimpan data dari aplikasi yang telah dibuat. Untuk melakukan koneksi dapat dilakukan berbagai cara seperti :
  • ODBC
  • ZeosLib (yang sering saya terapkan disetiap program yang saya buat karena mudah dalam penggunaanya)
2. Membuat Desain Aplikasi
Dalam pembuatan desain aplikasi disini dapat dilakukan setelah anda membuat secara keseluruhan databasenya karena dengan begitu komponen apa saja yang akan anda tampilkan di dalam sebuah aplikasi dapat buat dengan mudah dan cepat.
Dalam pembuatan desain aplikasi delphi agar telihat menarik dapat dilakukan dengan menggunakan
3. Membuat Installer
Pembuatan installer pada aplikasi yang berbasiskan bahasa pemrograman delphi 7 dapat dilakukan dengan beberapa Tools-Tools seperti :
  • Inno setup
  • SFX Tools
  • Advanced Installer
  • Installshield Express
Sebelum melakukkan tahap terakhir ini sebaiknya diujicobakan seperti melakukan tes koneksi dengan database, input data, cetak data dan lain-lain.

Tips Sederhana dari saya
Pada saat pembuatan desain aplikasi (tahapan nomor 2) diatas usahakan sesering mungkin anda behubungan dengan user alasannya agar pada saat pembuatan software aplikasi telah selesai nantinya anda tidak disibukkan dengan komplain dari user.
Sekian Tutorial Membuat Software Aplikasi dengan Delphi 7 yang selama ini saya lakukan dan sudah saya jalankan. Dengan 3 tahapan diatas insakallah anda akan mendapatkan kepuasan dari seorang user. Cara diatas dapat juga anda terapkan dengan bahasa pemrograman selain menggunakan delphi.

3 comments

This comment has been removed by a blog administrator.

Gan Mau tanya nih, apa bila kita sudah membuat program dari delphi7 misalnya program penjualan , tetapi program tersebut kita mau menjadikan dia sebuah software, agar dapat di instal di PC org, tanpa harus menginstal aplikasi delphi lagi, apa kah itu harus menggunakan aplikasi lagi, atau ada cara tersendiri ? :-)

Dari pengalaman saya selama ini cukup di COMPILE saja sudah bisa gan, hasil compile yang berupa file EXE dapat langsung dikopi ke komputer lain bila dikoneksikan dengan database SQL sertakan file DLL sql.


EmoticonEmoticon