6/19/2017

Perangkat Keras Jaringan Komputer



Perangkat Keras Jaringan Komputer - Perangkat Keras atau Hardware merupakan salah satu hal paling penting dalam sebuah komputer. Setiap jenis hardware memiliki fungsi tersendiri, seperti pada jaringan komputer yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer sehingga dapat berbagi data, file dan lain sebagainya.

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Jaringan komputer hampir sama seperti komputer beroperasi dengan menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Berikut ini jenis perangkat keras komputer.

Terkait : Pengenalan Jaringan Komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer


1. Komputer Server

Komputer server adalah salah satu perangkat keras jaringan yang menyediakan sistem berbagi layanan yang telah disediakan oleh server. Selain itu juga dapat diakses oleh komputer klien baik secara intranet (local) atau internet (online).

2. NIC (Network Interface Card)
NIC adalah salah satu hardware jaringan komputer yang sangat pentinga karena digunakan sebagai media untuk menghubungkan antar komputer. Walaupun sekarang kartu jaringan sudah dapat tergantikan dengan Wifi dan Bluetooth, namun kartu jaringan masih dibutuhkan apabila komputer yang akan dihubungkan denga komputer yang lain berada dalam jangkauan yang jauh.

3. Kabel Jaringan
Kabel jaringan adalah perangkar keras yang digunakan sebagai media penghubung dalam sistem jaringan komputer. Kabel jaringan sendiri memiliki tiga jenis yaitu kabel UTP, kabel Coaxial dan kabel Fiber Optic.

4. Konektor
Konektor merupakan perangkat keras yang menghubungkan antara kabel dengan kartu jaringan. Dalam hal ini yang sering kita gunakan adalah RJ45 untuk sistem jaringan kantor dan rumah. Sementara untuk jenis kabel jaringan fiber optic menggunakan konektor jenis ST dan coaxial menggunakan konektor BNC/T.

5. Hub
Hub adalah salah satu perangkat yang sama penting dengan perangkat keras jaringan komputer lainnya, Hub sangat mempengaruhi proses mempercepat koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan juga terganggu. Fungsi Hub adalah penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan keseluruh komputer dalam suatu jaringan.

6. Switch
Switch sekilas mirip dengan Hub fungsi dan cara kerjanya. Namun yang membedakan adalah sistem kecerdasannya yang lebih tinggi dari pada Hub. Sebagai contoh switch memiliki kecepatan dalam hal trasnfer data yang lebih baik dan memiliki jumlah port sangat banyak.

7. Bridge
Bridge adalah perangkat keras yang dapat mengetahui setiap alamat dari jaringan komputer dan dapat menghubungkan beberapa jaringan sehingga menjadi lebih efisien. Perangkat keras ini dapat berfungsi sebgai media penghubung dengan jaringan yang berbeda, seperti menghubungkan antar sistem jaringan (topologi jaringan) yang berbeda. Secara garis besar bridge ini berfungsi sebagai pengatur jaringan agar tidak terjadi kesalahan.

8. Repeater
Repeater adalah perangkat keras yang digunakan untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.

9. Modem
Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang menghubungkan komputer dengan internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Modem mengganti sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog ketika melewati medium seperti saluran telepon, kemudian modem merubah kembali sinyal tersebut menjadi sinya digital saat menuju komputer tujuan agar bisa dipahami oleh komputer.

10. Router
Router adalah alat yang digunakan untuk membagi Protocol kepada jaringan yang lain, maka dengan router sebuah protocol bisa dibagi ke perangkat jaringan lain. Router berfungsi sebagai penghubung antara beberapa jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Sehingga Router dapat menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya.

Sumber :
http://teknodaily.com/macam-macam-perangkat-keras-jaringan-komputer-beserta-fungsinya/
http://www.pintarkomputer.com/2014/07/macam-macam-perangkat-keras-jaringan-komputer-dan-fungsinya.html

Demikian perangkat keras jaringan komputer, semoga dapat mudah dipahami, dipelajari dan menambah wawasan dalam jaringan komputer.

2 comments

artikelnya bagus gan, kunjungi juga blog saya di Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya arga yudha

atau link.nya di https://jaringan-argayudha.blogspot.com/2015/08/perangkat-jaringan-komputer-dan.html

untuk tutorial tentang arduino dan sistem informasi kunjungi juga di http://www.argayudhaadhiprama.com/ ,

trimakasih dari arga yudha adhiprama

sama-sama mas, terimakasih juga telah berkunjung.


EmoticonEmoticon