7/10/2017

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya, Mengenal Hardware Komputer

Tags



Perangkat Keras Komputer, Pada kesempatan kali saya akan mengulas tentang perangkat keras atau hardware komputer dan fungsinya setiap bagian-bagian komputer tersebut. Komputer hingga saat ini merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, itu tercermin dari banyaknya pekerjaan, menikmati hiburan atau multimedia, bermain game, browsing dan aktivitas lainnya pasti melibatkan komputer. Tapi tahukan Anda apa saja bagian-bagian komputer beserta fungsinya supaya dapat melakukan pekerjaan dengan baik?

Beberapa orang yang selama ini berkecimpung dalam dunia perangkat keras khususnya komputer sudah memahami bagian-bagian komputer, tapi kebanyakan mereka belum mengerti akan hal tersebut.

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


Secara garis besar dalam dunia komputer yang kita kenal terbagi menjadi dua bagian yaitu Perangkat Keras dan Perangkat Lunak. Pengertian perangkat keras atau hardware komputer adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer dan perangkat lunak atau software komputer adalah komponen yang digunakan untuk menjalankan aktivitas di komputer.

Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan jelaskan tentang bagian-bagian perangkat keras komputer beserta fungsinya.

Bagian-Bagian Perangkat Keras Komputer


Perangkat keras komputer terbagi menjadi beberapa komponen utama dalam komputer itu sendiri seperti cassing, motherboard, prosesor, kartu grafis, hardisk, optical drive, ram, power supply, soundcard dan perangkat keras lainnya, lebih lanjut penjelasaanya simak dibawah ini.

CASING KOMPUTER
Casing komputer

Casing komputer adalah bagian wadah atau rumah yang digunakan untuk menempatkan keseluruhan perangkat keras komputer. Mayoritas yang menggunakan casing box adalah model komputer desktop PC. Namun ada juga yang casing komputer yang didesain khusus menyatu dengan monitor yang bisa disebut dengan komputer all-in-one PC.

Casing komputer berfungsi sebagai wadah dan melindungi perangkat keras komputer dari debu, serangga dal lain-lain untuk tetap terjaga dengan baik.

POWER SUPPLY
Power Supply Komputer

Power Supply adalah salah satu perangkat keras komputer utama yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke setiap komponen-komponen yang lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa juga dikatakan sebagai jantung komputer, sebab mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.

MOTHERBOARD
Motherboard Komputer

Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM, vgacard dan lain-lain. Motherboard menjadi salah satu bagian penting dalam komputer. Motherboard sendiri berupa papan yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.

Bagian-bagian perangkat keras komputer yang diletakkan di motherboard antara lain sebagai berikut:

CPU/Prosesor
Prosesor Komputer

CPU (Central Processing Unit) atau yang dikenal sebagai otak komputer berfungsi untuk memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer dan telah terpasang dalam sistem operasi komputer. CPU komputer biasanya sudah dilengkapi dengan pendingin atau heatsink dan kipas untuk mencegah terjadinya panas yang berlebihan atau overheat.

RAM
RAM Komputer

RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara dari berbagai proses yang dilakukan oleh CPU/prosesor. Jadi semakin besar jumlah RAM maka proses yang akan dijalankan dan sedang berjalan pada komputer akan semakin cepat dieksekusi.

VGACard / Video Card / Kartu Grafis
VGA Card Komputer

Kartu grafis atau yang biasa disebut VGA / Video Card adalah sebuah bagian komputer yang memiliki fungsi memproses grafis. Mayoritas pengguna komputer hanya memerlukan GPU internal (integrated), tetapi gamer, animator, desainer, dsb memerlukan dedicated GPU yang memiliki kapasitas besar sehingga bisa memproses grafis berat.

HARDDISK (HDD dan SSD)
Harddisk Komputer

Harddisk saat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive) Harddisk atau hard disk drive (HDD) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan perangkat lunak yang terpasang di komputer. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut. Sampai saat ini SSD (Solid State Drive) makin populer digunakan, terutama di laptop dan PC portabel lainnya, alasannya adalah SSD memiliki kecepatan membaca dan menulis (write and read) yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih hemat dalam penggunaan daya, karena tidak menggunakan komponen mekanik seperti HDD.
Baca Juga: Cara Memperbaiki Harddisk External Data Error.

OPTICAL DRIVE
Optical Drive Komputer

Meskipun saat ini jarang digunakan optical drive atau CD/DVD-ROM masih dapat kita temui di beberapa PC Portable dan laptop. Optical drive berfungsi untuk membaca dan menulis data ke optical disc seperti CD dan DVD.

KEYBOARD
Keyboard Komputer

Keyboard adalah sebuah papan ketik yang terdiri dari berbagai tombol dan terdapat deretan huruf, simbol dan angka yang tergolong sebagai alat input. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

MOUSE
Mouse Komputer

Mouse adalah input device yang sangat penting dan berfungsi sebagai alat navigasi saat mengoperasikan komputer. Dengan adanya mouse, kamu bisa menggerakkan pointer dan memilih berbagai opsi di layar komputer.

MONITOR
Monitor Komputer

Monitor adalah salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output dan berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang berupa grafis. Tiap monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda dan jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display). Baca Juga: Cara Setting Monitor Samsung SyncMaster SA10.

SOUND CARD
Sound Card Komputer

Sound Card adalah perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebuah perangkat keras tambahan atau sebagai pelengkap komputer, namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer, terlebih lagi bila anda senang memutar musik dan bermain game.

LAN CARD
Lan Card Komputer

LAN CARD adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet. Perangkat ini hampir sama seperti sound card yang tertanam langsung dalam motherboard, hanya saja ada beberapa pemilik komputer yang menggunakan perangkat keras jenis ini. Baca Juga: Perangkat Keras Jaringan Komputer.

Itulah Bagian-Bagian Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya. Sebenarnya masih banyak perangkat keras lain yang belum sempat saya jelaskan diatas, mungkin di lain waktu dan dalam postingan berikutnya saya jabarkan kepada anda semua. Jika dalam penjelasan komponen-komponen komputer diatas dirasa kurang silahkan tuliskan dikolom komentar.


EmoticonEmoticon