9/12/2017

4 Cara Mengatasi Crash di Google Chrome Windows



Cara Mengatasi Crash di Google Chrome - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Bagaimana Cara Mengatasi Crash di Google Chrome Windows. Perlu anda ketahui bahwa Google Chrome merupakan salah satu browser terpopuler dan paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer, smartphone dan laptop untuk melakukan browsing di dunia maya.

Browser Google Chrome paling banyak diminati karena menawarkan kinerja yang cepat, stabil dan ringan. Namun, terkadang ada yang mengalami error atau beberapa kali dan pernah mengalami masalah dengan browser chrome di Windows 7 yaitu masalah crash dan bahkan mengalami koneksi "server not found" pada saat kita sedang browsing, saat mendownload, atau saat membuka tab baru.

Dengan adanya kejadian error tersebut membuat kita menjadi tidak nyaman dan merasa jengkel padahal sedang membaca artikel yang penting atau menonton video. Jika Anda mengalami hal tersebut, berikut ini ada beberapa Cara Mengatasi Crash di Google Chrome Windows yang mungkin dapat Anda gunakan untuk memperbaikinya.

4 Cara Mengatasi Crash di Google Chrome Windows

Cara Mengatasi Crash di Google Chrome Windows Mudah dan Cepat

Lakukan Menghapus File Local State

File Local State adalah tempat menyimpan beberapa custom setting yang pernah kita lakukan sebelumnya. Dengan begitu Anda bisa menggunakan cara ini untuk dapat mengatasi masalah crash di Google Chrome tersebut, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Pertama coba tutup browser Chrome kalian. 
  2. Kemudian buka "Windows Explorer" kalian. 
  3. Pada address bar, coba kalian ketikkan "%USERPROFILE%\AppData\Local\Google\Chrome\User Data"(tanpa tanda petik). Nanti disana Anda akan menemukan File Local State milik Browser Chrome yang kalian gunakan. 
  4. Kemudian coba kalian lakukan Hapus File Local State tersebut. 
  5. Setelah itu anda buka kembali Browser Chrome. Kemudian lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum. Jika belum ulang sekali lagi, andaikan masih menemui pesan error crash coba dengan cara dibawah ini.


Ganti Nama Folder Default Google Chrome

Cara yang kedua adalah mengubah nama folder default milik Browser Chrome. Folder ini berisi seperti ekstensi, history, jumplist ikon, bookmark, dll. Hal ini bisa menjadi penyebab Browser Chrome menjadi crash. Untuk mengubah nama folder default, kalian bisa mempraktikkan tips sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah dengan menutup browser Chrome kalian.
  2. Kemudian buka "Windows Explorer" kalian. 
  3. Pada address bar, coba kalian ketikkan "%USERPROFILE%\AppData\Local\Google\Chrome\User Data"(sekali lagi tanpa tanda petik) 
  4. Kemudian Anda akan melihat folder default milik Browser Google Chrome. Kemudian lakukan dengan mengubah namanya menjadi "default.bak".
  5. Setelah itu kalian coba buka kembali Browser Chrome kalian dan lihat hasilnya.

Periksa Ekstensi Flash Player

Kalian bisa memeriksa pada Browser Chrome yang crash apakah Crash yang terjadi disebabkan karena ekstensi Flash Player. Disini sering terjadi karena kadaluarsanya Plugin Flash Player/tidak Compatible nya Plugin Flash Player untuk Google Chrome kalian sehingga terjadinya Crash pada Browser Chrome saat membuka halaman pada Browser. Untuk memeriksanya kalian bisa melakukan cara sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka Browser Chrome yang sedang mengalami crash. 
  2. Kemudian Anda coba ketikkan perintah "about:plugin" pada address bar Google Chrome. 
  3. Setelah itu kalian coba mencari kata "Flash". Setelah menemukan, kalian coba matikan flash untuk sementara, dengan cara klik Disable
  4. Setalah itu Anda harus melakuan restart ulang pada Browser Chrome.

*PENTING: Jika Browser Chrome sudah teratasi, kalian lakukan install program Flash dari Program and Feature atau coba lakukan install program Flash Player maupun  Shockwave Player. 

Hapus Cache dan Riwayat Browser

Jika Browser Chrome anda juga masih belum mengalami perubahan setelah menggunakan ketiga cara diatas, langkah terakhir yang dapat anda coba adalah dengan melakukan permbersihan Cache dan History. Untuk menghapus Cache pada Google Chrome, Anda bisa melakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka Browser Chrome kemudian buka Menu yang terletak pada pojok kanan atas monitor. 
  2. Setelah itu pilih Menu More Tools
  3. Kemudian Anda pilih Clear Browsing Data. Nanti akan muncul Dialog, kemudian pilih type of information apa yang akan kalian hapus. 
  4. Kemudian pada bagian menu paling atas terdapat clear the following items from yang akan di hapus. untuk menghapus semua cache dan history ubah menjadi beginning of time.
  5. Kemudian kalian klik Clear Browsing Data.


*Penting: Centang semua jika ingin menghapus secara keseluruhan.

Demikian Cara Mengatasi Crash di Google Chrome Windows Mudah dan Cepat, semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat bagi anda dan memperlancar aktivitas browsing di Internet dengan lancar. Terimakasih.


EmoticonEmoticon