11/09/2013

Export data MySQL ke excel dengan delphi

Tags



Delphi Merupakan Bahasa Pemrograman  (Programming Language / Development Language) yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program. Delphi termasuk dalam pemrograman bahasa tingkat tinggi (high level language). Maksud dari bahasa tingkat tinggi yaitu perintah-perintah programnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia. Bahasa pemrograman Delphi disebut bahasa prosedural artinya mengikuti urutan tertentu. Dalam membuat aplikasi perintah-perintah, Delphi menggunakan lingkungan pemrograman visual.

Pemrograman Delphi dirancang untuk beroperasi dibawah sistem operasi Windows. Program ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu produktivitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompiler, pola desain yang menarik serta diperkuat dengan bahasa perograman yang terstruktur dalam struktur bahasa perograman Object Pascal

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara Export data Mysql ke excel dengan delphi.

Cara Export Database MySQL ke Excel

  1. Install database Mysql (tidak perlu jika sudah ada database Mysql seperti PHPMyadmin, SQLServer dll). 
  2. Buat database Mysql serta buat / Create tabel Mysql-nya (tidak perlu jika sudah ada
  3. Buka program Delphi 7. 
  4. Buat 2 tombol Button, 1 DBGrid seperti gambar dibawah ini
    dbgrid delphi
  5.  Buat koneksi dengan Mysql, koneksi yang saya gunakan dengan menggunakan komponen (Component) tambahan delphi yaitu ZEOS untuk Setting Database dan Komponen yang dibutuhkan dapat anda lihat di artikel saya sebelumnya http://androsoftware.blogspot.com/2013/09/tutorial-delphi-7-koneksi-mysql-dengan_25.html. 
  6. Buat penghubung antara komponen ZEOS dengan DBGrid dengan cara Klik pada Datasource
    Setelah itu klik datasource dan tempatkan pada form yang anda buat tadi, lalu setting pada menu propertis --> isi dataset dengan Zquery1
    Langkah 5 dan 6 gambar seperti dibawah ini
    komponen export
  7. Setelah Komponen Datasource terhubung dengan Zquery, Hubungkan DBGrid dengan Datasource caranya Klik pada DBGrid lalu Isikan / Pilih pada menu Propertis dengan Datasource1, seperti gambar dibawah ini :
    setting dbgrid
  8. Selanjutnya setelah langkah 1 – 7 telah anda lakukan, tuliskan kode COMObj ini dibawah Uses, seperti gambar :
    kode uses delphi
  9.  Double Klik pada Button1 dan isikan Sourceode berikut
    kode button1
  10.   Double Klik pada Button2 dan isikan Sourceode berikut
    kode button2
  11. Setelah ada merasa pada penulisan program tidak mengalami kesalahan dalam hal penulisan Klik RUN atau tekan tombol pada Keyboard --> F9.

Terimakasih telah membaca artikel Export data Mysql ke excel dengan delphi. yang telah saya Tulis semoga dapat membantu / menambah pengetahuan anda dalam Bahasa Pemrograman (Programming Language / Development Language) Delphi.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon