11/26/2013

Trik Membuat Control Panel dan Menu

Control Panel merupakan bagian penting pada sebuah komputer, karena dengan adanya menu control panel tersebut dapat memudahkan seorang user untuk melakukan berbagai hal seperti halnya melakukan perubahan pada desain tampilan, suara, melakukan pengahapusan program yang tidak terpakai, dan lain sebagainya. Begitupun dengan menu yang ada pada komputer.

Dan semua itu terdapat pada menu control panel. Bagi orang awam / yang baru mengenal dan belajar komputer semua itu sangantlah penting. Bagi sebagian orang yang telah mengenal dan mahir dalam dunia komputer pasti pernah melakukan perubahan atau membuat menu control panel sendiri.

control panel Windows XP

Membuat Control Panel dan Menu di Windows XP


Dalam artikel saya kali ini saya akan membahas tentang cara Membuat Sebuah Control Panel pada komputer

- Buka Explore dan cari / folder Startmenu
- Buka Folder didalam Startmenu dan buka Folder Programs
- Buat sebuah Folder dan ketikan nama My Control Panel atau sesuka anda
- Ganti Ikon Folder dengan cara
  • Klik kanan pada Folder yang telah dibuat
  • Pilih menu costumize dan klik change icon
- Buat sebuah Shourcut dan arahkan / tunjukkan ke alamat Program yang akan anda buat menu
Contohnya : C:\Program Files\Canon Electronics\DR2010C\TouchDR.exe 
Keterangan : alamat tersebut merupakan alamat aplikasi scan yang ada dikomputer saya
- Jika sudah coba Klik pada Startmenu dan lihat apakah Folder Menu yang telah anda buat tadi sudah ada atau belum. Kalau sudah ada anda berhasil membuat sebuah menu / control panel sendiri.

Berikut beberapa Shorcut Command Line pada Menu Control Panel jika anda ingin membuatnya sendiri dan Command Line tersebut dapat anda temukan di Windows\System32

- Kategori Personalization: tab Display Settings (desk.cpl), Desktop Icon Settings (control desk.cpl,,0), Screen Saver Set-tings (desk.cpl,,1), dan Appearance Settings (desk.cpl,,2).
- Ketegori System Properties: tab Computer Name (sysdm. cpl), Hardware (sysdm.cpl,,2), Advanced (sysdm.cpl,,3), System Protection (sysdm.cpl,,4), dan Remote (sysdm.cpl,,5)
- Kategori Internet Properties: tab General (inetcpl.cpl), Security (inetcpl.cpl,,1), Privacy (inetcpl.cpl,,2), Content (inetcpl. cpl,,3), Connections (inetcpl.cpl,,4), Programs (inetcpl.cpl,,5), dan Advanced (inetcpl.cpl,,6).
- Kategori Mouse Properties: tab Buttons (main.cpl), Pointers (main.cpl,,1), Pointer Options (main.cpl,,2), Wheel (main.cpl,,3), dan Hardware (main.cpl,,4).
- Kategori Regional and Language Options: tab Formats (intl.cpl), Location (intl.cpl,,1), Keyboards and Languages (intl. cpl,,2), dan Administrative (intl.cpl,,3).
- Kategori Sound: tab Playback (mmsys.cpl), Recording (mmsys.cpl,,1), dan Sounds (mmsys.cpl,,2).

Demikian Cara Membuat Menu dan Control Panel di Komputer Windows XP, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon