11/14/2013

Tutorial Input Dengan Barcode Scanner di Delphi

Tags

Tutorial Input Dengan Barcode Scanner di Delphi merupakan sebuah program dimana untuk melakukan pemasukan data dengan menggunakan Barcode Scanner. Mengenai Delphi sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman (Programming Language atau Development Language) yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program. Delphi termasuk dalam pemrograman bahasa tingkat tinggi (high level language).

gambar Barcode Scanner
Barcode Scanner
Maksud dari bahasa tingkat tinggi yaitu perintah-perintah programnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia. Bahasa pemrograman Delphi disebut bahasa prosedural artinya mengikuti urutan tertentu. Dalam membuat aplikasi perintah-perintah, Delphi menggunakan lingkungan pemrograman visual.

Baca : Cara Koneksi MySQL dengan ZEOS

Pemrograman Delphi dirancang untuk beroperasi dibawah sistem operasi Windows. Program ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu produktivitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompiler, pola desain yang menarik serta diperkuat dengan bahasa perograman yang terstruktur dalam struktur bahasa perograman Object Pascal.

Kali saya akan berbagi sedikit ilmu tentang program Delphi, salah satunya tentang Barcode.  Karena Barcode Scanner sendiri sangatlah penting dan itu sampai sekarang masih dipakai di perusahaan – perusahaan besar untuk melakukan input data, contohnya dilakukan untuk input data stock barang, Input data pengiriman barang, input data pembelian dan masih banyak lagi.

Cara Input Data dengan Barcode

Berikut contoh dasar Tutorial Input Dengan Barcode Scanner di Delphi yang pernah saya gunakan untuk membuat program barcode laporan pengiriman kurir.

Pertama : Buka Form baru
Kedua : Klik pada Toolbar Component Pallete dan pilih Edit lalu letakkan pada Form
Ketiga : Pilih Edit1 pada Form,  Klik pada Object Inspector Pilih Propertis - events -  double klik pada OnKeyPress jika sudah maka akan menampilkan kode seperti dibawah ini 

Procedure TForm1.Edit1KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);begin
end;end.

Jika sudah menampakkan kode seperti diatas lalu tambahkan kode seperti dibawah ini

Var textpesan : string; //variabel untuk menampilkan pesanbeginif Key = #13 then //kondisi saat melakukan barcode (jika barcode ok maka lanjutkan)
Begin    textpesan :='Yang anda barcode adalah '+Edit1.Text; //pesan yang ditampilkan saat dimulai barcode    Application.MessageBox(PChar(textpesan),'Informasi Barcode',MB_OK or MB_ICONINFORMATION);    Edit1.SelectAll; //jika diklik ok pada pesan makan edit1 akan diblok secara otomatis  end;end.

Keempat : RUN (F9)

Berikut hasilnya jika program Input Dengan Barcode Scanner di Delphi  telah dieksekusi  / Run (F9)

Barcode Scanner
Hasil Run Input Dengan Barcode Scanner di Delphi 1 dan 2
Jika pada tampilan pesan seperti gambar nomor 2 diklik OK maka akan kembali ke Form1 dan secara otomatis Edit1 akan terpili, perhatikan gambar nomor 3 berikut ini
Barcode Scanner
Hasil Klik OK Input Dengan Barcode Scanner di Delphi
Dengan begitu anda bisa melakukan Input Dengan Barcode Scanner di Delphi dalam jumlah data yang banyak. Dan Program seperti diatas masih dapat anda kembangkan dengan menghubungkannya ke Database.

Terimakasih telah membaca Tutorial Input Dengan Barcode Scanner di Delphi, semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda khususnya program Delphi.

2 comments

misal alat barcode scaner diganti dengan hp android source codenya gimana ya? mohon bantuannya

Kalo menggunakan input barcode dengan android saya belum pernah mencobanya mas.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon