12/16/2013

Cara Mengoptimalkan Kinerja Windows

Cara Mengoptimalkan Kinerja Windows - Dalam sebuah Operating System merupakan hal yang begitu banyak dilakukan bagi anda pengguna Windows. Itu semua dilakukan untuk membuat pekerjaan menjadi semakin lebih cepat dan terselesaikan dengan baik. Jika anda pengguna Windows 7 lakukan perawatan rutin supaya kinerja windows menjadi lebih optimal dan mengurangi beban hardware menjadi lebih ringan.

Sebelum melakukan perubahan pada setting-an komputer demi meningkatkan kinerja windows alangkah baiknya mengenali dahulu beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja komputer yang lambat.

  • Komponen mengalami overheat, overheat yang saya maksud adalah terlalu panas pada beberapa komponen seperti motherboard, prosesor dan vga card. Masalah tersebut disebabkan komputer ditempatkan pada ruang yang sempit dan suhu rungan terlalu tinggi.
  • Terlalu banyak software, semakin banyaknya software yang terpasang / ter-install dapat menyebabkan kinerja komputer semakin lambat dan dampaknya memakan ruang memory / RAM yang tersedia menjadi tidak cukup untuk menjalankan proses yang ada.
  • Adanya software tak dikenal, proses ini sering dialami komputer yang terjangkit virus malware dan spyware maka lakukan scanning atau pembersihan terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan setting-an pada komputer.


gambar logo windows 7

Untuk mengatasi permasalahan yang telah saya sebutkan diatas, sering dilakukan oleh seorang yang ahli dalam bidang komputer. Masalah-masalah seperti overheat, loading lambat karena virus dapat diselesaikan bila dilakukan pengoptimalan secara menyeluruh. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kinerja Windows menjadi lebih optimal.

Cara Mengoptimalkan Kinerja Windows

  1. Troubleshooter atau menemukan dan memperbaiki masalah - Yang ditimbulkan oleh berbagai macam. Disitu kita akan diberitahu masalah yang terjadi pada Windows 7 kita. dengan cara : " Buka Control Panel setelah itu pada kotak pencarian disudut kanan atas ketik troubleshooter "
  2. Hapus Program yang tidak berguna - Ini bukan berarti menghapus semua program yang sudah ada melainkan menghapus program yang tidak sering kita gunakan. dengan begitu performace komputer akan menjadi lebih baik.
  3. Batasi Program yang berjalan (Running) di Startup - dengan cara ini dapat meningkatkan performance komputer menjadi lebih cepat karena ruang memori akan menjadi lebih besar.
  4. Defragment Hardisk - Ini dilakukan untuk menata ulang fragment - fragment hardisk agar dapat bekerja secara efisien.
  5. Membersihkan Hardisk - Cara ini sedikit berbeda dengan langkah nomor 4, yaitu menghapus file yang tersimpan di Recycle Bin atau dengan melakukan Disk Cleanup.
  6. Tidak Menjalankan Program yang banyak pada saat yang bersamaan - maksudnya jika anda telah menjalankan satu program antivirus jangan jalankan program antivirus yang lainya.
  7. Matikan Efek - Efek visual ini dapat menyebapkan windows anda menjadi lambat. saran saya matikan semua efek visual OS anda seperti tampilan, menu dan lain sebagainya.
  8. Restart - Ini berarti restart windows anda secara teratur, dilakukan agar performa komputer anda sesuai dengan pada saat pertama kali anda menyalahkannya.
  9. Tambahkan Memori atau RAM -  dengan cara ini jika sebelumnya memori hanya 1GB masih terasa lambat tingkatkan / tambahkan menjadi 2GB
Dengan melalui beberapa mekanisme untuk mengoptimalkan kecepatan OS Windows, dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang sering dialami. Selain itu untuk meningkatkan kinerja dan pekerjaan dikantor tidak ada salahnya untuk mencoba Menggunakan 2 CPU dengan Satu Mouse dan Keyboard.

Demikian Cara Mengoptimalkan Kinerja Windows supaya lebih baik dan lebih cepat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon