3/28/2014

Pentingnya Memahami Algoritma Google Dalam SEO

Pentingnya Memahami Algoritma Google Dalam SEO - Dalam dunia Search Engine Optimization (SEO) pasti mengenal istilah algoritma. Algoritma merupakan sebuah cara yang digunakan mesin pencari (search engine) untuk melakukan pencarian sebuah halaman web di internet agar sesuai dengan kata kunci yang sedang dicari di dalam search engine, agar mendapatkan hasil pencarian yang relevan dan maksimal.

Algoritma Google

Jenis-Jenis Algoritma Google

Dalam search engine, terutama google telah mengeluarkan beberapa jenis algoritma diantaranya :
  1. Algoritma Google Caffeine yang dirilis pada bulan juni 2010 dijelaskan bahwa penggunaan keyword sangatlah penting karena akan mempengaruhi kualitas serta peringkat dalam mesin pencari itu sendiri. Dengan menyertakan keyword maka jika seorang user melakukan pencarian maka akan secara cepat mendapatkan informasi yang diinginkan dengan mengetikkan keyword tersebut.
  2. Algoritma Panda - Selang beberapa bulan kemudian pada tahun yang sama google kembali melakukan update algoritmanya yaitu yang dikenal dengan sebutan Algoritma Panda. Disinilah banyak situs-situs yang sebelumnya telah menempati ranking teratas mengalami banyak penurunan. Itu disebabkan karena kualitas konten yang tidak apik / bagus yang sebelumnya hanya mementingkan keyword tanpa mementingkan kualitas konten / isi dari blog mereka. Mulai dari situ pulalah banyak dari para blogger melakukan optimasi terhadap blog mereka dengan menerapkan berbagai macam SEO agar dapat kembali bersaing.
  3. Algoritma Pinguin - Dan dilanjutkan pada tahun 2012 google kembali melakukan update terbarunya yang diberi nama Algoritma Pinguin dimana sistem pencarian diluncurkan untuk memberikan pelajaran kepada situs-situs spam. Semenjak Algoritma Google Pinguin ini rilis boleh dikatakan Algoritma yang sangat "mengerikan" dalam artian jangan pernah sekali-kali melakukan copas, spam atau pun yang lainnya atau menggunakan teknik Blackhat SEO, kalau tidak ingin blog anda didepak dari mesin pencari terbesar ini.
  4. Algoritma Hummingbird - Yang paling anyar adalah Hummingbird yang boleh dikatakan sangat canggih dan lengkap, Mengapa ? karena algoritma terbaru ini dalam pencariannya tidak mengutamakan / mementingkan keyword saja melainkan lebih mengutamakan kalimat dari pada keyword jika ingin situs atau blog anda dapat tampil dalam halaman pertama dalam mesin pencari.

Dari beberapa penjelasan algoritma yang telah dikeluarkan oleh google, disini saya dapat mengambil beberapa kesimpulan yang menurut pendapat saya sangat apik. Dan mungkin dapat menjadi pertimbangan anda semua dalam membuat sebuah artikel yaitu :
  1. Lupakan apa itu Blackhat SEO (terutama teknik Spam),
  2. Isikan konten-konten dalam blog anda yang sesuai atau tidak melenceng dari tema blog yang anda kerjakan.
  3. Dan yang terakhir dan menurut saya paling bagus adalah menerapkan teknik SEO "Long Tail Keywords".
Demikian Pentingnya Memahami Algoritma Google untuk blog dan semoga bermanfaat.

1 comments so far

yah gan tehnik long tail keyword memang ampun saat ini, karena persaingan sedikit tapi dapat meningkatkan visitor

paket umroh Januari 2015

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon