4/26/2014

Membuat Home Theatre / Surround Sederhana Di Ruangan

AndroSoft - Cara Membuat Home Theatre atau Surround Sederhana Di Ruangan. Home Theatre adalah sekumpulan alat untuk mendengarkan suara yang tersusun agar mendapatkan suara yang bagus dan berkualitas. Ini adalah sedikit pengalaman saya pada waktu kuliah dulu. Disaat mempunyai sebuah komputer dan jack speaker saya dapat support untuk membuat sebuah home theatre mini di dalam kos.
gambar ilustrasi surround speaker 5.1
Ilustrasi Home Theatre / Surround Speaker 5.1
Dari situ pulalah saya mencoba untuk mengaktifkan keseluruhan speaker jack pada komputer saya dan hasilnya boleh dibilang cukup membuat iri teman-teman saya di kos waktu itu. Apalagi disaat kita mendengarkan sebuah musik rock dan melihat sebuah film dijamin puas...heheheheeh. Untuk mengaplikasikanya begitu mudah dengan syarat sound card bawaan pada motherboard anda support untuk 4.1 atau 5.1 Surround dengan kata lain 4 atau 5 speaker mini ditambah 1 buah subwoofer. Jika tidak anda dapat membeli sebuah sound card seperti Sound Blaster Live.
Cara Membuat Home Theatre / Surround dengan komputer sangat mudah yaitu :
1. Siapkan 3 buah speaker
a. Speaker aktive untuk digunakan sebagai alternatif subwoofer seperti (simbada CST 8000 keatas, Altec Lansing).
b Speaker mini 2 buah (speaker aktive tapi tidak memiliki subwoofer)

2. Aktifkan speaker jack 
Aktifkan semua speaker jack pada komputer sobat menjadi 4.1 atau 5.1 Speaker dan masukkan jack sound seperti dibawah ini (setiap komputer kurang lebih sama).
gambar setting speaker jack komputer home theatre

3. Setting Speaker
Potong kabel dari kedua speaker mini tersebut dan sambungkan dengan kabel yang lebih panjang dan untuk penempatan speaker mini 1 yang depan (jack warna hijau) letakan disetiap pojok ruangan, setelah itu untuk speaker mini 2 untuk belakang (jack warna biru) letakkan pada belakang anda di setiap pojok ruangan anda.

4. Setting Suara
a. Subwoofer dan speaker mini 2 buat full atau 100% suaranya,
b. Speaker mini 1 / depan buat 50 persen untuk suaranya,
(dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan anda)

5. Setting Effect Suara
pada driver sound cari Sound Effect dan pilih Equalizer dan pilih yang PowerFull andaikata tidak ada pilih Metal, Rock atau SoftRock

6. Tes
Untuk melakukan tes kali ini coba anda putar sebuah musik atau sebuah film yang support untuk Surround speaker dari situ anda dapat mendengarkan mana yang masih kurang. Jika masih terdengar kurang memuaskan coba anda lakukan langkah pada nomor 4 dan 5.

Sekian Membuat Home Theatre atau Surround Sederhana Di Ruangan rumah / kamar dari saya semoga menginspirasi anda dalam mendengarkan sebuah musik. Dengan begini anda tidak perlu mengeluarkan uang yang begitu banyak hanya untuk mendengarkan suara musik yang bagus dan menonton film layaknya di bioskop. Jadi buatlah kamar atau ruang anda seolah-olah sebagai studio mini dan bioskop mini dirumah.

Baca Juga : Hardware Komputer Pendukung Surround System

4 comments

gan kalo untuk center surround nya gimana>
ty

kalo untuk center surroundnya agan bisa ambil alternatif Sound aktive yang ada woofernya kalo tidak ndak dikasih juga ndak apa-apa gan.

Mas kalo cuman speaker kan kurang enak, harusnya ada amplifier tambahan sebanyak 5 buah
1 dan 2 stereo depan
3 dan 4 stereo belakang
5 subwoofer

kunjungi blog saya
http://kewelscience.blogspot.com

kalo manurut saya tidak perlu mas bro, saya sudah mencoba dikantor n dirumah cukup satu subwoofer dan empat speaker kecil bawaan komputer saja. dijamin memuaskan. kalo manurut mas kurang greget ganti subwoofernya yang dipakai mobil... terimakasih mas sudah berkunjung..

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon