8/20/2016

Pengenalan Jaringan Komputer



Pengertian Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang didesain sedemikian rupa agar dapat menghubungkan beberapa perangkat (CPU, Printer) melalui sebuah kabel sebagai media tranmisi data. Untuk mencapai tujuan dalam hal pelayanan (service) kepada pihak yang meminta atau menerima layanan tersebut dalam hal ini klien (client). Sumber: Wikipedia

gambar manajemen jaringan komputer

Dalam perkembangannya yang semakin modern pada jaringan tidak hanya dapat menghubungkan dua buah komputer melainkan lebih dari satu komputer dan bahkan dapat mencapai jutaan perangkat. Dengan kata lain untuk menghubungkannya juga diperlukan beberapa perangkat seperti Hub, Bridge, Switch dan Gateway sebagai alat untuk koneksinya.

Terkait : Perangkat Keras Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer


Jika ditilik dari kegunaannya, jaringan komputer memiliki 2 buah macam yaitu :
  • Jaringan Klien Server (client server) dengan arti kata sebuah jaringan yang didasarkan atas sebuah komputer yang menjadi pusat data atau server untuk melayani komputer yang lainnya yang disebut dengan client.
  • Jaringan ujung ke ujung (peer to peer) yaitu ditujukan untuk pemakaian secara menyeluruh atau bersama-sama dengan artian bahwa setiap komputer saling mendukung dengan yang lainnya untuk berbagi data.

Jenis Jenis Jaringan Komputer


Sedangkan dalam sebuah jaringan memiliki sebuah pola atau topologi yang merupakan suatu teknik untuk menghubungkan komputer yang didasarkan atas biaya, kecepatan untuk mengakses data, konektivitas yang pada akhirnya akan menentukan pada kualitas, efisiensi dalam suatu jaringan tersebut. Pada akhirnya yang disebut dengan pola atau Topologi Jaringan tersebut dibagi beberapa jenis topologi jaringan diantaranya :
  1. Topologi Star (pola bintang) yaitu sebuah sistem jaringan yang berupa kenvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Dan topologi star ini termasuk dalam pola dengan biaya menengah. 
    gambar topologi star atau bintang
  2. Topologi Bus (pola bus) yaitu sebuah pola sistem jaringan yang cara menghubungkanya dengan komputer lain menggunakan sebuah kabel dan ditambahkan sebuah konektor (T-Connector) disetiap ujungnya. Maka dapat dikatakan setiap perangkat akan dengan mudah dihubungkan satu dengan yang lainnya.
    gambar topologi bus
  3. Topologi Ring (pola cincin) yaitu sistem jaringan yang berbentuk serangkain titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainya sehingga membentuk sebuah jalur melingkar (cincin).
    gambar topologi ring atau cincin
  4. Topologi Tree (pola pohon) topologi ini mempunyai kombinasi dua buah topolagi yaitu star dan bus. Dimana terdiri atas sekumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone dan komputer-komputer dihubungkan ke hub sedangkan hub dihubungkan sebagai backbone atau tulang punggung.
    gambar topologi tree atau pohon
  5. Topologi Linier (pola runtut) atau biasa disebut topologi bus linier, pola ini termasuk dalam tata letak yang umum. Dimana setia kabel utama menghubungkan setiap titik sambungan dalam hal ini komputer  yang dihubungkan dengan konektor (connector) dan harus diakhiri dengan sebuah terminator.
    gambar topologi linier atau garis
  6. Topologi Mesh sistem ini didesain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai rute alternatif atau jalur yang biasanya disiapkan dengan didukung perangkat lunak atau software. Dan biasanya konsep sistem ini diterapkan untuk internet dan mempunyai keuntungan bilamana ada salah satu jalur yang terputus maka dapat dihubungkan dengan jalur yang lainnya.
    gambar topologi mesh atau jala
  7. Topologi Peer to Peer dimana sistem jaringan ini terdiri dua buah komputer yang saling berhubungan.
    gambar topologi peer to peer
Selain itu macam-macam topologi jaringan diatas yang paling sering digunakan adalah topologi star karena jika ada salah satu komputer yang mati atau mengalami down tidak mempengaruhi perangkat yang lain dan untuk melakukan pelacakan kesalahan dapat dilakukan secara cepat serta memiliki kemudahan dalam hal upgrade.

Pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa, manfaat Jaringan komputer begitu besar karena dapat mempengaruhi beberapa hal seperti memaksimalkan kerja, meminimalkan biaya, mengatasi kerusakan jaringan dan pengiriman data melalui mekanisme jaringan dengan cepat dan tepat.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon