6/02/2014

3 Hal Penting Dalam Mempelajari Bahasa Pemrograman

Tags



Mempelajari Bahasa Pemrograman - Dalam sebuah ruang lingkup program seorang pembuat program (programmer) dihadapkan berbagai macam bahasa pemrograman dalam komputer. Bahasa pemrograman sendiri memiliki banyak macamnya seperti : berbasikan desktop (Delphi, VB (Visual Basic), Pascal, Java, Foxpro, C++ dan lain-lain) dan berbasiskan web(PHP, HTML, XML, Dan lain-lain).
gambar ilustrasi jenis bahasa pemrograman komputer
Untuk itu diperlukan tiga hal yang begitu penting agar pada akhirnya dapat mempelajarinya dengan cepat serta dapat menjadikannya seorang master program.
  1. Logika
  2. Logika merupakan hal yang begitu penting dalam hal penguasaan sebuah bahasa pemrograman. Karena disetiap kita mempelajari salah satunya tanpa memiliki logika yang cukup takkan mudah untuk menguasainya walaupun sudah mengerti tata cara penulisan sebuah program tersebut. Contohnya seperti ini 1+1=2, itu sebuah ilmu matematika yang pasti, dalam penerapanya dalam program tidak semudah itu. Mengapa demikian ? untuk mendapatkan nilai 2 tersebut dapat melalui berbagai cara agar dapat diterapkan dalam sebuah program yang nantinya tidak akan menyulitkan pengguna itu sendiri. Jika anda terpaku dengan 1+1 tanpa mengembangkan logika atau ide kreatif maka user akan merasa kesulitan (seandainya seorang user melakukan input -1 atau nol pada program).
  3. Struktur
  4. Disetiap struktur bahasa pemrograman pasti berbeda-beda dalam penerapannya. Walaupun nantinya akan dapat menampilkan hasil yang sama pada akhirnya. Saya ambil contoh sperti ini bilamana anda sebelumnya belajar bahasa pemrograman yang berbasis web (PHP, HTML) dan akan beralih ke Desktop (Delphi, VB) maka harus mempelajari dahulu bagaimana cara kodingnya, bagaimana penempatan kodenya. Karena dua tipe bahasa pemrograman tersebut sangatlah berbeda jauh, lain halnya jika anda sebelumnya telah mengerti dan memahami tipe bahasa yang sama.
  5. Pemahaman
  6. Pemahaman dalam hal ini menyangkut keseluruhan dalam mempelajari bahasa pemrograman baik itu yang berbasiskan desktop ataupun web. Maka dari itu sebelum mempelajari salah satu bahasa yang saya sebutkan diatas ada baiknya mengerti minat dalam diri anda bahasa apa yang mudah dipelajari, memahami tentang komponen apa saja yang ada dalam program tersebut, memahami tata cara penulisan kode program, memahami bagaimana cara mengimplementasikanya kepada user.

Baca juga mengenai : Tahap-tahap dalam pembuatan software aplikasi dengan delphi

Jika ketiga hal tersebut diatas dilakukan Insakallah akan menjadikan diri anda sebagai seorang programmer tingkat tinggi. Semoga apa yang saya tulis mengenai pembelajaran bahasa pemrograman ini dapat memotivasi anda dalam dunia programming, baik itu yang berbasiskan desktop maupun web. Seperti apa kata pepatah "Tak Kenal Maka Tak Sayang" maka dari itu kenali, pahami, pelajari, manfaatkan dan sayangi salah satu program yang telah anda kuasai. agar nantinya anda dikenal sebagai seorang Master Program.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon