4/12/2018

Cara Mengetahui Versi SQL



Cara Mengetahui Versi Database SQL - SQL atau Structure Query Language merupakan sebuah produk database yang diciptakan untuk dapat berjalan di platform Windows, Linux, Unix based system dan juga Mac OS. Dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hampir setiap server basis data dapat mendukung penggunaan bahasa ini.

Dasar SQL sendiri dibedakan menjadi dua buah bahasa, yang dapat anda pelajari pada artikel saya sebelumnya dibawah ini.


Kedua bahasa diatas walupun memiliki fungsi yang berbeda, namun dalam implementasinya kedua bahasa tersebut bergantung satu sama lain, dengan kata lain tidak terpisahkan.

Semenjak dikeluarkan sekitar tahun 1986 SQL memiliki banyak versi. Dari versi itu pulalah bahasa ini semakin terus berkembang dan semakin mudah untuk dipelajari. Karena dengan berbagai alasan kini SQL dapat dikatakan sebagai bahasa paling banyak dipakai dalam sistem basis data. Alasanya cukup sederhana  seperti mendukung bebagai macam platform, bersifat gratis, banyak digunakan oleh web hosting dan alasan-alasan yang lainnya.

Dengan adanya banyak versi tersebut terkadang anda sebagai pengguna lupa akan dan bertanya-tanya. Berapa versi SQL yang aku pakai saat ini ? Nah dari pertanyaan seperti itu yang terkadang ada dalam benak anda, kali ini saya akan berbagi cara mengetahui versi SQL.

Cara Mengetahui Versi SQL

Untuk mengetahui versi SQL yang anda pakai cukup sederhana, ketikkan pada query perintah berikut ini.
SELECT @@version;
Untuk mengetahuinya sebagai contoh yang saya gunakan adalah SQL Version 5.1.54 dengan menggunakan Server OS Ubuntu, seperti pada gambar diatas.

Demikian sekilas mengenai cara mengetahui versi dari SQL. Semoga dapat bermanfaat serta berguna bagi kita semua. Selamat mencoba.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon