4/03/2018

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Dirumah



Cara Memperkuat Sinyal WiFi Dirumah - WiFi adalah sebuah gelombang radio, sehingga tak heran jika banyak hal yang bisa mengganggu stabilitasnya. Dengan memperkuat sinyal WiFi dapat memberi kinerja yang lebih cepat serta dapat memperluas cakupan sinyal yang lebih luas.

Saat ini WiFi dapat dikatakan menjadi sebuah kebutuhan bagi kebanyakan orang terlebih bagi pengguna laptop dan smartphone. Terutama bagi anda yang setiap hari harus terkoneksi atau berhubungan dengan internet, mulai dari pekerja kantoran, orang-orang yang bermain saham, para gamer, hingga mahasiswa atau sekadar siswa sekolah. WiFi seolah-olah sudah menjadi bagian paling penting dari internet.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui posisi dan konfigurasi yang benar untuk router Anda agar kekuatan sinyalnya optimal. Berikut ini cara memperkuat sinyal Wi-Fi pada perangkat router seperti dikutip dari laman eHow.

Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi Dirumah


Cara Memperkuat Sinyal WiFi Dirumah dan Kantor


1. Arahkan antena ke atas
Pada umumnya router memiliki antena fisik yang bisa disesuaikan arahnya. Tidak jarang, antena Wi-Fi justru diposisikan horizontal. Padahal, untuk mendapatkan sinyal yang bagus dan maksimum, antena router harus diposisikan vertikal, tegak mengarah ke atas. Jika router Anda kebetulan memiliki dua antena fisik, mengarahkannya ke dua arah yang berbeda, tidak akan meningkatkan kinerja router wi-fi Anda.

2. Posisi Router harus bagus
Jika Anda memposisikan router di salah satu ujung bangunan, Anda mungkin mendapat sinyal yang sangat jelek --atau bahkan tidak ada-- di ujung bangunan lainnya. Tapi, jika Anda sudah memosisikan router Anda di salah satu ujung rumah Anda, dan kekuatan sinyal di sisi lainnya baik-baik saja, Anda tidak perlu memindahkannya.

Untuk cakupan maksimum, router juga harus ditempatkan di tempat tinggi. Menempatkannya di lantai adalah pilihan terburuk. Karena itu, tempatkan di rak yang tinggi, jika memungkinkan.

3. Hindari dari segala gangguan
Jangan letakkan router pada atau dekat benda logam besar, seperti rak logam atau lemari arsip. Benda-benda ini dapat memblokir sinyal. Logam atau dinding batu juga dapat memblokir Wi-Fi, sedangkan dinding kayu dan dinding plester tidak akan menimbulkan masalah.

Jika Anda memiliki salah satu perangkat ini dalam satu garis lurus langsung antara laptop dan router, perangkat-perangkat tersebut dapat menyebabkan Wi-Fi Anda terputus. Bagaimana solusinya? Pindahkan salah satu atau semua perangkat tersebut, sehingga perangkat tersebut tidak lagi ada di antara laptop dan router.

4. Pilih Jaringan terbaik
Jika Anda berada di area dengan berbagai macam jaringan Wi-Fi, seperti kompleks apartemen, atau bahkan mungkin terhalang satu rumah dengan rumah tetangga Anda yang juga mempunyai jaringan Wi-Fi, maka ada kemungkinan jaringan Wi-Fi tetangga Anda menggangu jaringan Wi-Fi Anda. Untuk meminimalisasi hal ini, jika memungkinkan, pindahkan router Anda menjauh dari Wi-Fi access point yang lain.

5. Tambahkan Penguat Sinyal (Repeater)
Bagi anda yang menggunakan Wifi di rumah, sebagian besar sinyal WiFi sulit sampai ke kamar-kamar yang letaknya jauh dari sumber WiFi? Salah satu solusi yang dapat anda gunakan adalah dengan menambahkan penguat sinyal atau repeater di setiap ruangan di rumah anda.

Repeater dapat bekerja dengan cara menerima sinyal WiFi kemudian dipancarkan kembali dengan lebih kuat. Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya adalah dengan prinsip yang serupa yaitu dengan cara menghubungkan router yang satu dengan router yang lainnya via kabel Ethernet kemudian anda buat access point di rumah anda.

Namun, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah beralih ke Wi-Fi yang berbeda channel. Anda dapat mengakses pilihan ini pada halaman pengaturan router di instruksi manual Anda. Tapi jika Anda tidak memiliki instruksi manual, Anda pasti dapat menemukan petunjuknya di internet.Cari pilihan channel Wi-Fi di router antarmuka web dan ubah ke channel yang berbeda dengan gangguan yang sedikit.

Mungkin butuh sedikit percobaan untuk menemukan yang terbaik, tapi Anda bisa mendapatkan bantuan untuk memilih channel WiFi dengan menggunakan aplikasi WiFi Analyzer untuk ponsel dan tablet Android, yang akan memantau jaringan WiFi di dekat Anda dan menyarankan channel terbaik bagi Anda. Sayangnya, aplikasi serupa tidak tersedia untuk iPhone atau iPad.

Demikian Cara Memperkuat Sinyal WiFi dirumah semoga dapat membantu anda dan bermanfaat bagi kita semua.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon