6/19/2017

Apa Itu FTP (File Transfer Protocol)?



FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah konsep berbagi antar komputer dengan menggunakan komputer server, atau suatu protokol jaringan yang berfungsi untuk tukar menukar file dalam suatu network dengan menggunakan sistem TCP/IP.

Dengan kata lain komputer server yang menjalankan sebuah software yang berfungsi untuk menyimpan dan mengunggah file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.


What is FTP
Sumber gambar : www.deskshare.com

FTP memiliki dua buah sebutan dan sangat penting untuk anda ketahui. yakni FTP Client dan FTP Server.

  1. FTP Server merupakan server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan kepada klien agar dapat melakukan pertukaran file. Serta memberikan kemudahan bagi client untuk dapat melakukan download dan aploud data dengan mudah.
  2. FTP Client merupakan komputer yang melakukan permintaan file sharing kepada server. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Terkait : What is DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol)

Fungsi FTP


Fungsi FTP yang paling utama adalah melakukan pertukaran file dalam suatu jaringan. Dalam melakukan pertukaran tersebut dapat dilakukan dalam jaringan lokal maupun telah terkoneksi jaringan internet. FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencangkup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman.

FTP juga berfungsi untuk mempermudah dalam pembagian file, mempercepat secara tidak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.

Fungsi FTP Server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (File Exchange), yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapatkan request atau permintaan dari FTP Client.

Tujuan Utama adanya FTP

Tujuan utama dengan diciptakannya FTP adalah memudahkan pengguna komputer yang sudah terhubung dengan jaringan untuk dapat memudahkan dalam beberapa hal, diantaranya :
  • Memudahkan pengguna komputer dalam melakukan file sharing.
  • Untuk dapat menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  • Memberikan kemudahan dalam menyediakan tempat penyimpanan bagi user
  • Dapat menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

Meskipun sampai saat mudah dalam inplementasinya namun banyak yang mengatakan bahwa aplikasi FTP sangat tidak aman. Banyak perusahaan bahkan penyedia Hosting menggunakan apklikasi FTP untuk melakukan aploud dan download file.

Sumber :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas
  • http://jaringankomputer.org/pengertian-ftp-fungsi-ftp-carakerja-aplikasi-ftp/
  • http://www.deskshare.com/resources/articles/ftp-how-to.aspx

Demikian pengertian dan fungsi FTP (File Transfer Protocol) dan fungsi serta tujuan diciptakan FTP. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon