4/02/2018

Pengertian Domain dan Hosting



Pengertian Domain dan Hosting - Apa itu Domain? Sebelum mengenal seberapa jauh tentang domain dan hosting kalian pasti sudah mendengar kedua istilah tersebut. Saya yakin sebagain dari anda sudah tahu dan mengerti tentang arti domain dan hosting. Sebab bagi yang mengelola sebuah website / blog tidak akan jauh-jauh dari kedua hal tersebut.

Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah kata unik yang diberikan oleh sebuah server seperti web server atau email server di jaringan komputer atau jaringan internet.

Fungsi dari domain adalah untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, tanpa harus menggunakan deret angka atau biasa dikenal dengan sebutan IP Address.

Terkait: Hosting dan Domain Murah, Unlimited di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa domain adalah alamat yang dipakai sebuah web untuk dapat diakses secara online. Domain dapat dibedakan menjadi dua versi yaitu bersifat gratis dan berbayar. Domain gratis dapat kita dapatkan dengan mudah apabila ingin membuat sebuah website contohnya yang telah disediakan oleh Google (blogspot). Sementara itu untuk yang berbayar dapat kita jumpai disetiap website yang menyediakan layanan pembelian domain tingkat atas (com, net, id, xyz dan lain-lain) seperti yang dipakai pada Maxandro.com.

Adapun berbagai macam nama domain yang telah digunakan selama ini, dan tentunya setiap domain memiliki kegunaan masing-masing.


  • Com : domain ini biasa di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan dan umum. domain ini sering digunakan oleh semua orang di dunia, termasuk para blogger.
  • Net : domain ini di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur dan seputar komputer. Namun tidak menutup kemungkinan di pakai untuk keperluan lain seperti blog, jualan, dan sebagainya. tergantung si pengguna/user
  • Org : digunakan untuk kepentingan forum/organisasi. tapi tidak menutup kemungkinan di gunakan untuk keperluan lain
  • Info : biasanya di gunakan untuk kepentingan informasional website
  • Edu : biasanya digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.
  • Mil : biasanya di gunakan untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, terbatas hanya untuk Militer Pemerintahan.
  • biz : biasanya di gunakan untuk kepentingan Bisnis. toko online, affiliate, dan bisnis lainnya.
  • travel : biasanya di gunakan untuk Bisnis Pariwisata / travelling.
  • tv : biasanya di gunakan untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah.

Pengertian Hosting

Jika domain sebagai sebuah alamat, maka hosting adalah rumah atau tempat menyimpan alamat dan tempat menyimpan berbagai file dari sebuah domain agar dapat diakses dengan internet. Sebagaimana kita ketahui bersama file dari sebuah website banyak macamnya yaitu HTML , CSS, JavaScript dan PHP.

Dalam implementasinya untuk mendapatkan hosting tidak seperti memperoleh domain yang secara cuma-cuma alias gratis, walaupun ada beberapa penyedia layanan hosting yang gratis namun terbatas. Yang perlu diketahui sebelum membeli hosting untuk website adalah jenisnya.

Jenis-jenis Hosting

  • Free Hosting Service: Hosting tanpa biaya sepeser pun tetapi, support dan fitur yang diberikan sangat minim, kadang-kadang terdapat iklan.
  • Shared Hosting Service: Lebih baik dari Free Hosting Service, shared hosting relatif lebih stabil dan pelayanan yang diberikan lebih baik. Di sini website kita disimpan di CPU yang dipakai bersama dengan website lainnya, tetapi stabilitas website akan terjaga. Kelemahannya adalah ketika pengunjung mencapai batas resource penggunaan CPU, website kita akan down.
  • Dedicated Hosting Service: Yang ini hampir tidak mempunyai kelemahan, hanya saja biaya yang dikeluarkan relatif mahal. Di sini kita memakai full satu server untuk website kita sendiri. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita, konfig sana sini dan layanan super cepat dari Support Hosting.
  • Cloud Hosting Services: Kalau ini lebih powerfull lagi, jenis server ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan menghendelnya atau backup dari server yang down. Untuk harga saya tidak bisa menyebutkan, tetapi kebanyakan dihitung bukan per bulan, tetapi per jam.

Dari macam-macam Hosting diatas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Maka sebelum membeli, yang terpenting dan harus menjadi pertimbangan adalah kualitas pelayanan serta koneksi yang cepat sehingga tidak terjadi gangguan error, seperti tidak dapat diakses, akses lambat dsb.

Kesimpulan
Sebagaimana telah kami tuliskan diatas bahwa untuk domain dan hosting merupakan dua hal yang berbeda namun berkaitan satu sama lain. Dengan begitu sebelum memutuskan untuk membuat sebuah domain dan hosting alangkah baiknya mempertimbangkan beberapa aspek, seperti memilih nama domain yang tepat, mencari informasi dimana tempat membeli domain dan hosting yang tepat (bukan berarti murah tapi murahan).

Baca juga: 10 Domain dan Hosting Terbaik 2015

Demikian Pengertian Domain dan Hosting, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan anda walaupun sudah banyak yang membahasnya.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon