9/25/2017

Pengertian VPN (Virtual Private Network)



Pengertian VPN (Virtual Private Network)Virtual Private Network atau VPN adalah hubungan antar komputer dengan menggunakan jaringan internet tetapi bersifat jaringan private. Dalam artian bahwa jaringan hanya bersifat privat network, dimana orang tertentu saja yang dapat mengakses. Dengan begitu data yang dikirimkan melalui jaringan VPN akan aman dan rahasia walaupun dikirim melalui jaringan publik.

Terkait: 5 Aplikasi VPN Gratis PC 2017

Pengertian VPN (Virtual Private Network) 

Sebetulnya VPN tidak dapat digunakan untuk membuat koneksi online yang benar-benar dapat menutupi identitas pengguna, namun perlu anda ketahui bahwa dengan menggunakan VPN dapat meningkatkan privasi dan keamanan. Hal ini diterapkan disetiap perusahaan besar untuk mencegah informasi pribadi yang bocor, VPN biasanya hanya dapat mengkonfirmasi akses remote menggunakan protokol tunneling dan teknik enkripsi.

Penfertian dan Fungsi VPN


VPN sebagai jaringan yang bersifat private memiliki fungsi yang sangat baik bila dibandingkan dengan yang lain karena memiliki tingkat kerahasiaan yang tinggi, selain itu juga memiliki beberapa fungsi lain seperti.

- Kerahasiaan (Confidentially)
VPN merupakan sebuah jaringan yang menggunakan koneksi internet sebagai media perantara, tentunya hal tersebut sangat rawan dan dapat menjadi celah daripada hacker untuk mengambil data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan ata akan cukup terjamin dari pencurian data.

- Keutuhan data (Data Integrity)
VPN mempunyai kemampuan untuk menjaga keutuhan keamanan data dan informasi yang dikirim dari alamat sumber sehingga dapat diterima dengan baik pada alamat yang dituju.

- Autentikasi sumber (Origin Authentication)
VPN juga memungkinkan untuk melakukan autentikasi sumber data yang diterima sehingga VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil.

Cara Kerja VPN


Jaringan VPN dibuat dengan menjalankan koneksi virtual point-to-point melalui penggunaan koneksi dedicated dan menggunakan enkripsi data. Sistem VPN dapat memisahkan L2TP menjadi dua perangkat yang terpisah secara fisik, yakni L2TP Access Server (LAS) dan L2TP Network Server (LNS). Selain itu juga VPN dapat memberikan bentuk keamanan yang lebih aktif, baik dengan enkripsi atau enkapsulasi data (data encapsulating) untuk transmisi melalui jaringan keamanan. Kedua jenis keamanan VPN adalah : enkripsi dan enkapsulasi yang merupakan dasar dari Virtual Private Netwrok. Enkripsi dan enkapsulasi adalah istilah yang menggambarkan fungsi dar VPN itu sendiri yang dapat dilakukan oleh segudang perangkat teknologi khusus yang dapat dikombinasikan dan diimplementasi melalui topologi jaringan yang berbeda.

Kelebihan dan Manfaat VPN


Efektif dan Efisien
Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan kantor-kantor cabang ke jaringan kantor pusat lebih lebih cepat, karena hanya dengan menyediakan akses internet di kantor-kantor cabang otomatis kantor cabang tersebut bisa langsung dikoneksikan ke jaringan di kantor pusat.

Sedangkan penggunaan leased line sebagai WAN akan membutuhkan waktu yang lama untuk membangun jalur koneksi khusus dari kantor cabang yang baru dengan perusahaan induknya. Dengan demikian penggunaan VPN secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

Baca: Jenis Koneksi Internet.

Hemat Biaya
Penggunaan VPN dapat mengurangi biaya operasional, karena VPN menggunakan infrastruktur jaringan publik yang sudah ada, sehingga tidak perlu membangun infrastruktur jaringan yang baru.

Meningkatkan Skalabilitas
Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas. Ketika Perusahaan  berkembang dan membuat kantor cabang baru dibeberapa tempat akan lebih  terhubung dengan jaringan lokal kantor pusat.

Remote access
Dimana VPN bisa berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh asalkan bisa terhubung dengan jaringan internet

Keamanan
Dengan VPN data dan informasi yang dikirim akan lebih aman karena ada autentikasi sumber.

Demikian Arti VPN (Virtual Private Network), semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mempelajari jaringan komputer.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon