4/25/2016

Fitur Quick Charge USB Type-C Bermasalah, Benarkah?

Tags



Belum lama ini teknisi Google mengklaim bahwa terjadi permasalahan pada fitur quick charge pada generasi terbaru USB Type-C. Dalam klaim mereka mengatakan bahwa Port USB Type-C pada HTC 10 dan LG G5 tidak memenuhi standar spesifikasi USB Type-C. Benarkah demikian?

Fitur Quick Charge USB Type-C 

USB Type-C memang didesain untuk memudahkan pengguna-nya. Tetapi permasalah tersebut muncul terhadap kompatibilitas port dengan kabel sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Menurut Leung seorang teknisi Google mengatakan bahwa, fitur Quick Charge 3.0 dari Qualcomm, yang ada pada HTC 10 dan LG G5, melanggar spesifikasi USB Type-C. Seperti yang telah diberitakan dalam Tech Times bahwa dua smartphone tersebut hanyalah contoh karena masih banyak perangkat lain yang mengalami situasi yang sama.

Terkait: Generasi USB Type-C Terbaru

Dalam spesifikasi USB Type-C 3.1 disebutkan bahwa jalur Vbus pada port dapat mengalirkan tegangan listrik mencapai 4,45 sampai 5,25 volt. Namun, Fitur Quick Charge dari Qualcomm terbaru ini membuat aliran listrik menjadi naik sekitar 9 - 12 volt. Berikut pernyataan Leung,

"Saya tidak merekomendasikan Qualcomm Quick Charge 3.0 USB Type-C, karena charger yang mendukung Quick Charge 3.0 pada port Type-C melanggar spesifikasi Type-C," kata Leung. "Spesifikasi Type-C melarang metode pengisian baterai yang mengubah Vbus menjadi lebih dari 5V."

Kemudian Android Central menghubungi pihak Qualcomm mengenai masalah ini dan dan jawaban mereka mengenai permasalahan QC 3.0 USB Type-C adalah "Qualcomm Quick Charge didesain agar ia tidak bergantung pada connector ponsel. Ia dapat digunakan pada sebuah perangkat yang menggunakan berbagai connector, termasuk USB Type-A, USB micro, USB Type-C dan tipe lainnya," kata Qualcomm.

"Ketika sebuah perusahaan manufaktur ponsel memilih untuk mengimplementasikan Quick Charge ke perangkat mereka, mereka dapat menyesuaikan voltage agar sesuai dengan spesifikasi standar dari USB Type-C."

Pihak Qualcomm juga menyebutkan bahwa, mereka tidak menerima keluhan terkait perangkat yang mengalami kerusakan akibat permasalahan pada USB Type-C.

Sumber:
- http://www.techtimes.com/articles/153164/20160424/qualcomm-addresses-quick-charge-3-0-and-usb-type-c-compatibility-concerns-in-htc-10-lg-g5.htm
- http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/4baX0VZN-fitur-quick-charge-di-usb-type-c-tidak-sesuai-qualcomm

2 comments

wah..ulasannya sangat menarik, kl leh tau..ini templatenya beli dimana, keren
http://www.kangalip.com/

semoga bermanfaat mas,

# untuk template yang saya pakai ini GRATIS mas, sumber bisa dilihat dibawah mas. dan sudah saya edit sedikit biar lolos struktur data webmaster.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon