4/08/2016

Istilah Dalam Pemrograman Visual Basic



Pemrograman Visual Basic adalah turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. VB merupakan bahasa pemrograman yang bekerja pada Microsoft Windows, secara umum kemampuan yang dimiliki bahasa ini adalah adanya komponen yang memungkinkan untuk membuat program aplikasi yang sesuai dengan tampilan Windows.

Istilah Dalam Pemrograman Visual Basic


Dalam perkembanganya sampai saat ini Pemrograman Visual Basic telah sampai pada tahap yang begitu tinggi dengan menghadirkan berbagai fitur didalamnya, Sehingga seorang programmer akan menjadi semakin lebih mudah dalam membuat sebuah program aplikasi.

Baca: Pengantar Pemrograman Visual Basic

Pemrograman Visual Basic memiliki istilah penting yang harus dipelajari dan dimengerti. Karena dengan mempelajari istilah serta komponen yang ada pada bahasa pemrograman VB akan memudahkan dalam membuat sebuah aplikasi.

Istilah Dalam Pemrograman Visual Basic

Event-Driven
Event Driven artinya setiap aplikasi yang ada digerakan oleh user, dapat diartikan sebagai teknik merancang aplikasi di mana aplikasi memiliki loop utama yang  jelas yang dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu peristiwa seleksi atau acara deteksi dan penanganan peristiwa.

GUI ( Grafical Unit Interface )
GUI ( Grafical Unit Interface  adalah pemrograman yang menggunakan tampilan grafik sebagai alat komunikasi dengan pemakainya. Dan Merupakan jenis pemrograman antar muka yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan program satu dengan yang lain dan dapat saling berhubungan.

DAO ( Data access Object )
DAO ( Data access Object ) adalah dukungan untuk memudahkan akses terhadap database lain.

OLE ( Object Linking dan Embedding )
OLE ( Object Linking dan Embedding ) adalah kemudahan menghubungkan beberapa aplikasi dalam Windows. Dengan kata lain sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan untuk menghubungkan dokumen dan objek lain agar dapat saling terhubung satu sama lain.

Active X
Active X adalah aplikasi yang digunakan oleh pengguna internet dan sebuah sebuah kerangka kerja untuk mendefinisikan reusable komponen perangkat lunak yang melakukan fungsi tertentu atau sejumlah fungsi dalam microsoft windows dengan cara yang tidak tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk melaksanakannya.

Sebuah aplikasi perangkat lunak kemudian dapat terdiri dari satu atau lebih dari komponen ini dalam rangka untuk memberikan fungsinya. program ini diperkenalkan pada tahun 1996 oleh microsoft sebagai perkembangan dari Component Object Model (COM) dan Object linkng dan embedding (OLE) teknologi dan biasanya digunakan dalam windows sistem operasi.

OCX
OCX adalah dukungan untuk menggunakan tolls tambahan.

DLL ( Dynamic Link Library )
DLL ( Dynamic Link Library )  adalah kumpulan library untuk menggabungkan program dalam microsoft Visual Basic dengan bahasa pemrograman lainnya.

DDE ( Dynamic Data Exchange )
DDE ( Dynamic Data Exchange ) merupakan dukungan kemudahan pertukaran dalam membangun program.

Procedure
Proceduremerupakan sekumpulan kode rutin yang ditulis dalam satu blok tersendiri. Blok tersebut hanya dieksekusi jika judul atau namanya dipanggil.

User Interface
User interface adalah bagian aplikasi yang dapat anda lihat. User Interface ini berisi kontrol yang tersedia untuk pemakai apliaksi, seperti  tombol, window, grafik, suara, dan lainnya.

Konstanta
Konstanta adalah bilangan atau String tetap yang nilainya tidak dapat diganti dan didefinisikan dengan kunci kata Const.

Variabel
Variabel merupakan referensi ketempat penyimpanan data yang merepresentasikan tipe dan nilai data tersebut. Nilai dari sebuah variable dapat dirubah, namun tipe variable bila telah ditetapkan, maka tipe tersebut tidak dapat dirubah.

Object
Object merupakan bagian dari perlengkapan suatu aplikasi yang mempunyai spesifikasi properti sendiri. Sebagai contoh form (lembaran yang kita gunakan untuk mendesain tampilan) adalah sebuah objek. Demikian juga dengan kontrol (salah satu tombol yang ada pada toolbox). Untuk mengakses sebuah objek menjadi perintah atau fungsi yang diasosiasikan dengannya. Sedangkan event merupakan tindakan yang terjadi saat menjalankan aplikasi untuk diberikan kepada kontrol objek. Objek tidak terbatas pada form dan kontrol saja, tetapi anda bisa mengambil dari aplikasi lain, misalnya gambar dari Microsoft Paint atau dokumen Microsoft Word.

Demikian istilah dalam Pemrograman Visual Basic yang perlu dipahami, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar pemrograman Visual Basic.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon