4/08/2016

Pengantar Pemrograman Visual Basic



Mengenal Pemrograman Visual Basic - Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang berbasis Windows sebagai sarana untuk mengembangkan aplikasi (Software Developer). Pemrograman yang cenderung mengarah ke visual dengan membentuk sistem GUI (Graphical User Interface), dengan kemudahan penempatan dan pembentukan objek pada layar tanpa menulis banyak baris program.

Pengantar Pemrograman Visual Basic


Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Pemrograman VB tidak hanya terdapat dalam bahasa pemograman tersendiri, namun sistem pemograman Visual Basic juga terintegrasi dalam Microsoft Excel, Microsoft Access, serta beberapa aplikasi Microsoft lainnya. Dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript) juga telah banyak digunakan seperti dalam perancangan ASP (Active Server Page) dan merupakan subset dari Bahasa pemograman Visual Basic.

Pemrograman Visual Basic

Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki sebuah komponen yang diperluakan untuk membuat program aplikasi. berikut komponen yang ada pada pemrograman Visual Basic 6.

Komponen Visual Basic 

1. Menu Utama
Menu Utama memiliki dua buah komponen yaitu menu bar dan title bar, yang memiliki fungsi berbeda pada menubar berfungsi untuk menampilkan menu yang berisi perintah-perintah pada Visual Basic (VB) sedangkan Titlebar berfungsi untuk menampilkan judul proyek Visual Basic yang sedang dikerjakan.

2. Toolbar
Toolbar yang dimaksud sama seperti halnya bahasa pemrograman yang bersifat visual lainnya seperti (Delphi) yang berfungsi untuk mengakses berbagai fungsi yang ada dalam main menu secara lebih cepat dan lebih mudah.

3. Toolbox
Toolbox adalah sebuah kotak piranti yang berfungsi untuk menampilkan semua object kontrol yang dibutuhkan untuk membuat sebuah program aplikasi Visual Basic. Berikut ini object kontrol yang ada pada Toolbox Visual Basic.
  • Picture Box Kontrol untuk menampilkan file bitmaps (.bmp, .dib), windows metafile (.wmf, .cmf), icon (ico, .cur), GIF(.gif) dan JPEG (.jpg) (awalan : pic).
  • Label Kontrol yang dapat menampilkan teks, namun tidak dapat diedit oleh user (awalan : lbl).
  • Text Box Unit kontrol yang dapat menampilkan teks, dimana user dapat berinteraksi dan mengeditnya (awalan : txt).
  • Frame Merupakan unit kontrol yang mengindentifikasi sebuah grup kontrol dan frame bertindak sebagai parent kontrol (awalan : fra).
  • Command Button Unit ini akan membuat sebuah tombol yang umumnya digunakan untuk mengeksekusi sebuah rutin (awalan : cmd).
  • Check Box Unit ini akan memberi perintah Benar/Salah atau Ya/Tidak. Memungkinkan untuk memilih beberapa pilihan sekaligus dalam suatu kelompok pada saat bersamaan (awalan : chk).
  • Option Box Unit ini memiliki fungsi untuk membentuk grup pilihan, namun hanya memungkinkan pemakai untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada pada satu grup (awalan : opt).
  • Combo Box Merupakan unit dengan kombinasi antara TextBox dan ListBox. Dengan unit ini pemakai dapat mengetikkan atau memilih item lewat drop-down list (awalan : cbo).
  • List Box Unit ini akan menampilkan daftar item dimana pemakai dapat memilih salah satu dari beberapa item yang ditampilkan (awalan : lst).
  • HScrollBar Untit ini memungkinkan pemakai untuk memilih suatu objek selama masih dalam jangkauan horisontal objek. Selain itu unit ini juga bisa digunakan sebagai input untuk memasukkan nilai suatu data (awalan : hsb).
  • VScrollBar Sama dengan Horisontal ScroolBar hanya saja untuk jangkauan vertikal (awalan : vsb).
  • Timer Unit ini digunakan untuk mengeksekusi waktu kejadian pada rutin program termasuk interval waktu (awalan : tmr).
  • Shape Unit ini akan memungkinakan program untuk menambahkan bentuk lingkaran, elips dan persegi empat pada form (awalan : shp).
  • Line Unit ini memungkinkan pemrogram untuk membuat garis lurus pada form (awalan lin).
  • Image Unit ini dapat menampilkan gambar bitmap, metafile, icon, GIF, JPEG. Perbedaannya dengan PictureBox adalah kontrol ini memiliki akses lebih cepat namun properti dan event yang dimilikinya lebih sedikit (awalan : img).
  • ADODC Unit ini digunakan untuk mengakses suatu file database untuk dapat dimanipulasi dalam aplikasi.
  • Data Grid Unit ini digunakan untuk menampilkan item-item data (field) dari database yang telah diakses oleh kontrol ADODC, yang tampilannya berupa tabel.

4. Project Explorer
Komponen ini digunakan untuk mengelola file yang menyusun sebuah proyek. Project Explorer ini berisi daftar form, modul class, dan file resource yang digunakan dalam sebuah proyek.

5. Jendela Propertis
Merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur properties sebuah objek. Jendela Properties ini terbagi dalam dua bagian yaitu Alphabetic dan Categirozed. Perbedaan dari keduanya hanyalah cara menampilkan properties dalam sebuah objek. Pada bagian Alphabetic, properti diatur berdasarkan urutan abjad, sedangkan di bagian Catagorized, properti diatur dalam kelompok-kelompok kategori.

6. Form
Form adalah lembar desain tampilan dari program yang dibuat. Form ini menjadi pondasi tempat diletakkannya kontrol-kontrol yang dimiliki oleh Visual Basic.

7. Jendela Code
Digunakan sebagai tempat menuliskan atau menyunting rutin program Visual Basic. Jendela Code ini terbagi atas dua elemen yaitu Object Box yang berisi nama objek yang akan dipilih (contohnya : Form), dan Procedure List Box yang menampilkan seluruh prosedur untuk suatu objek (contohnya : Click).

Manfaat Pemrograman Visual Basic

  1. Untuk membuat program aplikasi maupun animasi berbasis windows.
  2. Untuk membuat objek-objek Add-in seperti kontrol ActiveX, file Help, aplikasi Internet, dan lain sebagainya.
  3. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program (.exe) yang bersifat Executable Visual Basic 6.0 cukup kompatibel dengan Visual Basic versi sebelumnya, sehingga aplikasi yang pernah anda kembangkan dengan Visual Basic yang lama, masih dapat dijalankan dalam Visual Basic 6.0.

Demikian Pengantar Pemrograman Visual Basic, sebelum mempelajari dan membuat program dari VB dapat anda baca komponen yang ada seperti yang telah saya tuliskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon