6/16/2017

Struktur Database Oracle

Tags



Struktur Database Oracle, Oracle adalah salah satu aplikasi database yang sering dipakai oleh perusahan-perusahaan besar di dunia. Aplikasi ini paling banyak diminati oleh para pembuat software yang berkaitan dengan database berkapasitas besar. Selain itu struktur database oracle memiliki 3 komponen utama dan juga mempunyai kelebihan dalam hal pengamanan data dan penyimpanan yang sangat besar.

Struktur Database Oracle 

Selain memiliki kelebihan dari sisi keamanan dan kapasitas penyimpanan data yang begitu baik, Oracle juga mempunyai kelemahan yang sering menjadi keluhan bagi pemakainya yakni biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Namun itu semua tidak menjadi persoalan karena sistem database oracle mempunyai komponen dan struktur database yang beragam.

Baca: Keunggulan dan Kekurangan Oracle Database

3 Komponen Utama Oracle
Oracle mempunyai tiga struktur komponen utama yang dibangun sejak awal, yaitu:
  1. Struktur Memori
  2. Struktur Proses, dan
  3. Struktur Storage ( Penyimpanan )
Dari ketiga struktur komponen oracle tersebut memiliki fungsi masing-masing. Karena ketiganya saling berkaitan dan penting bagi satu dengan yang lain. Berikut penjelasannya mengenai ketiga struktur database oracle.

Struktur Database Oracle


1. Struktur Memori
Struktur Memori memiliki dua buah komponen yaitu
A. System Global Area (SGA)
SGA merupakan shared memory yang dapat digunakan oleh seluruh server process dan background process. Di dalamnya tersimpan informasi-informasi yang berupa data file dan control file dari instance. Di dalam SGA terdapat struktur data sebagai berikut :
  • Database Buffer Cache, Merupakan struktur data dari SGA yang berisi cache blok data yang berisi hasil pengembalian dari proses query database.
  • Redo log buffer , Merupakan struktur data dari SGA yang berfungsi untuk menyimpan redo information yang digunakan untuk instance recovery. Informasi tersebut akan disimpan hingga ditulis ke dalam physical redo log file di dalam storage disk.
  • Shared Pool , Merupakan struktur data dari SGA yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam konstruksi / informasi yang dapat dishare di antara user database.
  • Large Pool, merupakan area optional yang dibutuhkan jika ada proses-proses yang memakan memory cukup besar seperti backup and recovery dan proses server I/O.
  • Java Pool , Merupakan struktur data dari SGA yang digunakan oleh java code atau data yang menggunakan Java Virtual Machine (JVM).
  • Stream Pool , Merupakan struktur data dari SGA yang digunakan oleh Oracle Stream untuk proses streaming.
B. Process Global Area (PGA)
Proses Global Area ( PGA ) adalah memori yang dialokasikan ketika user sedang melakukan koneksi ke database.

PGA sedikit berbeda dengan SGA, sebab Process Global Area lebih spesifik hanya digunakan secara khusus oleh masing-masing server dan background process. Minimal ada satu PGA yang dimiliki oleh tiap server process. Setiap PGA menyimpan data dan informasi dari setiap proses yang menyediakan layanan dari tiap request oracle client.

2. Struktur Proses
Struktur Proses merupakan sebuah proses yang berjalan ketika program aplikasi meminta service ke Server Oracle maka akan dibuatlah sebuah server process yang digunakan untuk mengeksekusi perintah yang dikeluarkan oleh program aplikasi tersebut.

Masing-masing server process memiliki sebuah PGA tersendiri. Selain itu, oracle server akan membentuk beberapa background process untuk oracle instance yang akan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Background proses tersebut meliputi:
  • System Monitor (SMON) : Melakukan crash recovery jika pada start saat oracle instance terjadji kesalahan.
  • Process monitor (PMON) : Melakukan process cleanup ketika user process gagal dieksekusi.
  • Database writer (DBWn) : Menulis block-block yang telah berubah / termodifikasi dari database buffer cache ke dalam data file di dalam storage structure.
  • Checkpoint (CKPT) : Melakukan update seluruh data file dan control file yang berdasarkan check point yang paling akhir.
  • LogWritter (LGWR) : Menulis redo log entry yang berasal dari redo log buffer ke dalam redo log file di dalam storage structure.
  • Archiver (ARCn) : Mengopy redo log file ke dalam archival strorage pada saat log switch terjadi.

3. Struktur Storage ( Penyimpanan )
Struktur File lebih menekankan kepada penyimpanan data dan menjadi bagian terpenting diantara ketiga komponen struktur database oracle. Struktur File memiliki tiga komponen utama yaitu: Control File, Data File dan Log File. Berikut penjelasanya.
  • Control File: Control File merupakan komponen yang berisi informasi fisik database oracle. Tanpa adanya komponen ini kita tidak dapat mengakses data-data dalam disk penyimpanan.
  • Data File: Data File merupakan sekumpulan data yang berisi data user dan aplikasi database.
  • Log File: Log file merupakan proses yang digunakan saat database mengalami kerusakan. Apabila data file masih ada pada saat terjadi kerusakan maka oracle instance akan dapat melakukan recovery data sesuai yang tersimpan dalam data file.
Ketiga struktur database oracle diatas sangatlah penting, sebab tanpa salah satu komponen diatas tidak akan dapat berjalan dengan baik. Dengan begitu oracle instance tidak dapat mengakses oracle database dan begitupun sebaliknya. Maka dari itu terdapat komponen tambahan yang tidak kalah pentingnya dibanding dengan 3 struktur komponen diatas, diantaranya:

Komponen Tambahan dalam Struktur Database Oracle
  • Parameter file, Merupakan komponen yang berisi informasi konfigurasi oracle instance pada saat start up.
  • Password file, Merupakan komponen yang  berisi informasi user agar user dapat melakukan koneksi dan administrasi ke dalam database server.
  • Backup file,: Komponen yang digunakan dalam proses database recovery apabila file database asli rusak.
  • Archive log file, Komponen yang digunakan untuk menyimpan history operasi-operasi yang dilakukan terhadap database.
  • Trace dan alert log file, Merupakan komponen yang berisi informasi-informasi kesalahan apabila terjadi internal error pada server dan background proses.
Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Oracle_Database

Demikianlah Struktur dan Komponen Database Oracle, semoga dengan adanya artikel ini dapat memudahkan Anda dalam mengenal Oracle.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon