4/29/2016

Tujuan Membangun Jaringan Komputer

Tujuan Membangun Jaringan Komputer - Sebagaimana telah saya jelaskan sebelumnya pada artikel Pengenalan Jaringan Komputer, Bahwa jaringan komputer adalah se-kelompok komputer yang dibangun untuk saling berhubungan satu dengan yang lain agar dapat berbagi informasi dengan mudah.

Tujuan Membangun Jaringan Komputer 

Sebagai media berbagi informasi, jaringan komputer memiliki manfaat yang begitu besar bagi perkembangan sistem informasi di era modern. Dengan metode ini sebagai pengguna dapat berbagi data yang telah disimpan dalam komputer.

Jaringan komputer dibagi menjadi dua macam, yaitu jaringan terdistribusi dan jaringan terpusat.
  • Jaringan terdistribusi merupakan jaringan komputer yang cara kerjanya dilakukan oleh semua perangkat komputer, sehingga tidak ada perbedaan antara server dan client.
  • Jaringan terpusat cara kerjanya melakukan pemusatan jaringan komputer pada server, sehingga berbeda baik server maupun client.

Tujuan Membangun Jaringan Komputer

Inti dari jaringan komputer adalah dapat melakukan koneksi dan pertukaran informasi dengan mudah, sehingga tujuan akhir dibangun jaringan komputer adalah sebagai berikut.
  1. Dapat membantu dan mudah dalam mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru. Oleh sebab itu dibangun sistem penyimpanan data terpusat yang setiap waktu bisa diperbaharui dan dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna yang dapat mengakses data dari berbagai tempat yang berbeda.
  2. Dengan adanya jaringan komputer dapat membuat manajemen sumber daya lebih efisien. Sebagai contoh banyak yang dapat menggunakan printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibanding hanya memakai printer kualitas rendah setiap disetiap meja kerja.
  3. Dapat membantu dalam bekerja sehingga berkomunikasi menjadi lebih efisien. Karena surat elektronik, penjadualan, pemantauan proyek, konferensi online dapat didapat dari jaringan sehingga hal itu dapat membantu tim bekerja lebih produktif.
  4. Membantu dalam melayani klien secara lebih efektif. walaupun dengan jarak yang jauh, disaat karyawan melayani klien dilapangan namun merekan tetap dapat mengakses untuk langsung berkomunikasi dengan pemasok.
  5. Dapat membuat proses data sharing (berbagi data) menjadi lebih efisien, sehingga berbagi data pada jaringan bisa dipastikan lebih cepat dibanding yang tidak memakai jaringan.

Kesimpulan
Jaringan komputer dapat memudahkan kita menjadi lebih cepat mendapatkan informasi, dapat terhubung dengan teman, saudara, rekan kerja dimanapun berada.

Baca: Perangkat Keras Jaringan Komputer

Demikian Tujuan Membangun Jaringan Komputer, karena dengan adanya jaringan komputer kemudahan mendapatkan informasi menjadi lebih cepat. Semoga bermanfaat dan berguna.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon