9/07/2016

Teknologi Cloud Computing Microsoft Azure

Tags



Teknologi Cloud Computing Microsoft Azure - Perlu kita ketahui bersama saat ini pemanfaatan cloud computing (Komputasi Awan) salah satunya adalah Microsoft Azure. Teknologi milik Microsoft ini berbentuk Platform as a Services (PaaS). Teknologi ini memungkinkan seorang user untuk membangun sebuah aplikasi cloud dengan memanfaatkan teknologi yang telah ada pada microsoft azure.

Apa Itu Microsoft Azure?


Apa sebenarnya Microsoft Azure ? Microsoft Azure adalah tempat penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan data secara online, hanya saja yang membedakan Microsoft Azure dengan teknologi cloud computing lain adalah dapat menjalankan aplikasi yang berbasiskan .NET, JAVA dan PHP. Hal itulah yang menjadi keuntungan lain bagi para pengguna Microsoft Azure.

Teknologi Cloud Computing Microsoft Azure

Microsoft menciptakan teknologi cloud computing azure bukan untuk menyaingi sistem operasi windows yang telah ada, melainkan mendorong dan memberikan kemudahan bagi para developer untuk mengembangkan, membuat dan dapat mendistribusikan penggunaan web service dengan tepat. Dengan tempat penyimpanan yang berbasis cloud dan berjalan pada platform khusus yang bernama Azure Service Platform.

Jika kita melihat kebelakang sejak kemunculan Microsoft Azure delapan tahun yang lalu tepatnya tahun 2008, kini cloud computing microsoft azure terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dan secara tidak langsung hal tersebut akan berdampak baik bagi para developer yang telah menggunakan layanan cloud dari Microsoft.

Microsoft Azure memiliki beberapa kelebihan yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya.


Kelebihan Microsoft Azure


Resource Elasticity
Maksud dari Elastisitas Resource adalah adanya fitur resource yang cukup elastic, memungkinkan untuk pihak user melakukan penyesuaian yang dibutuhkan secara real-time dengan aplikasi yang berjalan. Hal tersebut memungkin ketika aplikasi yang memiliki traffic tinggi pada suatu waktu, akan disediakan resource yang tinggi pada saat tertentu saja.

Kita juga memiliki hak untuk mengatur pengaturan resource yang ada pada sistem operasi ini. Kita bisa mengubah pengaturan, ketika sebuah aplikasi berjalan dengan resource yang rendah, maka pada saat itu jumlah aksesnya juga rendah dan begitu pula sebaliknya.

Geo-Aware
Geo-Eware berarti Anda sebagai pengguna tidak perlu takut akan back up data yang sering anda butuhkan sewaktu-waktu, Microsoft Azure berjalan didalam seluruh data center Microsoft yang tersebar luas diseluruh dunia. Pada saat pihak Microsoft mengembangkan sistem cloud computingnya, mereka memikirkan peletakan Microsoft Azure di seluruh data center yang mereka punya.

Oleh karena itu, bagi para user, anda bisa memilih server terdekat dari negara anda. Mengapa hal tersebut dilakukan? Agar membuat Microsoft Azure dapat berjalan lebih cepat dan ringan serta tidak boros akan bandwidth.

Yang membedakan cloud computing microsoft azure dengan cloud lain adalah adanya tiga komponen dasar yang menyertainya, diantaranya;

Komponen Microsoft Azure


Compute
Compute adalah bagian dari teknologi Microsoft Azure yang berguna dalam proses komputasi, baik secara foreground maupun background job (berjalan di belakang layar). Compute tools dari Windows Azure diantaranya adalah web role, worker role, dan virtual role.

Storage
Storage adalah bagian dari teknologi Microsoft Azure yang berguna dalam proses penyimpanan data. Terdapat dua jenis storage dalam Microsoft Azure, yang pertama adalah Azure Storage yang berguna untuk penyimpanan data yang berbentuk table, cloud, dan blob. Sementara itu, bentuk storage lainnya adalah SQL Azure yang merupakan versi SQL Server yang berjalan di cloud.

Fabric
Fabric merupakan bagian yang berguna sebagai “otak” dari teknologi ini. Proses ini diatur oleh Microsoft Azure Fabric Controller yang berguna dalam proses scheduling, resource allocation, dan management.

Sebagai langkah awal ingin mengetahui, belajar tentang Microsoft Azure dapat mengunjungi Portal Azure. Namun sebelumnya anda telah memiliki akun yang telah terdaftar pada microsoft.

Demikian Teknologi Cloud Computing Microsoft Azure yang memiliki kelebihan lain dibanding dengan cloud yang telah ada. Semoga bermanfaat dan berguna. Sumber: www.anugrahpratama.com dan www.cloudindonesia.or.id

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon