11/08/2016

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Tags



Cloud Computing merupakan istilah baru dalam industri IT saat ini. Cloud Computing dapat diartikan sebagai gabungan pemanfaatan teknologi komputer dengan dengan teknologi internet. Cloud digambarkan sebagai diagram jaringan komputer yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Komputasi Awan (Cloud Computing) adalah suatu konsep teknologi yang dikenal luas mencakup Saas, Web 2.0 dengan tema yang beragam tergantung koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Sebagai contoh Google Apps yang menyediakan beragam aplikasi bisnis dan telah tersimpan dalam server sehingga dapat diakses secara penuh.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Dengan semakin maraknya pembicaraan tentang Cloud Computing,Semakin banyak Perusahaan yang mengumumkan bahwa mereka menyediakan layanan cloud computing. Akan sangat membingungkan bagi kita para pengguna untuk memastikan bahwa layanan yang kita dapatkan adalah Cloud computing atau bukan. Layanan Cloud Computing terbagi menjadi tiga diantaranya.

Layanan Cloud Computing


1. Infrastructure as a Service (IaaS)
Infrastructure as a Service adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual dapat diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan. Keuntungan layanan IaaS ini adalah tidak perlu membeli komputer fisik sehingga lebih menghemat biaya. Konfigurasi komputer virtual juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Misalkan saat storage hampir penuh, storage bisa ditambah dengan segera. Perusahaan yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.

2. Platform as a Service (PaaS)
Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.

Baca Juga: Teknologi Cloud Computing Microsoft Azure

3. Software as a Service (SaaS)
Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Cloud Computing sebagai bagian dari dunia bisnis saat ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya.

Kelebihan Cloud Computing

Fleksibilitas,
Artinya bahan presentasi yang kita buat tidak perlu kita simpan di hardisk yang akan memakan ruang space atau mungkin dimasukan ke flashdisk.

Akses Lebih Mudah
Yang paling menonjol dari komputasi awan adalah kemudahan akses. Untuk mengerjakan suatu pekerjaan kita tidak mesti berada dihadapan satu komputer yang sama.

Hewat Biaya
Kelebihan lain dari cloud computing, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. Dengan adanya sistem komputasi awan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi infrastruktur komputer yang memerlukan biaya pengadaan dan perawatan cukup besar, hal ini juga berarti staf IT yang diperlukan tidak terlalu banyak, dan staf IT yang ada tidak terlalu berurusan dengan update, konfigurasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan komputasi. Dengan adanya komputasi awan, kita juga tidak dihadapkan dengan beban biaya untuk membayar lisensi atas software-software yang kita instal dan kita gunakan, karena semua software sudah bisa digunakan melalui komputasi awan.

Kekurangan Cloud Computing
Kekurangan Cloud Computing (komputasi awan) adalah koneksi internet, karena internet sebagai jalan untuk dapat menggunakan komputasi awan. Ketika tidak dapat mengakses internet jangan harap dapat memanfaatkan teknologi komputasi awan. Nah dari sinilah hambatan terbesar yang tengah terjadi di Indonesia, karena belum semua seluruh wilayah telah terjangkau oleh akses internet.

Lalu apa manfaat terbesar penggunaan Cloud Computing saat ini. Dari penjelasan diatas tentang teknologi cloud computing banya manfaat yang didapat.

Manfaat Cloud Computing

  1. Dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.
  2. Kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi denganinternet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.
  3. Data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan.
  4. Setiap user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.
  5. Ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak.

Kesimpulan
Cloud Computing saat ini dapat dikatakan suatu teknologi terbaru yang memberikan manfaat begitu besar bagi pengguna karena bagitu banyak kelebihan yang ditawarkan. Sehingga pengguna internet saat ini tidak perlu lagi merasa cemas akan tempat pemyimpanan.

Demikian tentang Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing, semoga artikel diatas berguna dan bermanfaat.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://purnomolamala.blogspot.co.id/2015/06/makalah-cloud-computing-terbaru-2016.html

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon