4/04/2017

5 OS Untuk Belajar Hacker

Tags



Pasti anda tahu Hacker? Hacker adalah sebuah profesi yang berkaitan dengan dunia komputer. Banyak yang menganggap profesi sebagai hacker adalah pekerjaan yang jahat. Wajar saja jika ada orang yang beranggapan demikian, itu disebabkan hacker adalah seorang yang dikenal jahat dalam dunia komputer.

Yang perlu anda ketahui bersama bahwa Hacker tidak selamanya jahat, banyak hacker didunia ini yang keahlianya digunakan untuk kebaikan, seperti mengamankan sebuah operating system (OS). Lalu, apa itu hacker sebenarnya?
5 OS Untuk Belajar Hacker

Apa Itu Hacker?

Hacker atau peretas adalah sekelompok orang yang mempelajari, menganalisa dan memodifikasi sebuah sistem dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) komputer untuk bertujuan positif yakni mengenali celah keamanan sistem.

Seorang hacker dapat melakukan banyak hal seperti:

  • Melakukan analisa terhadap kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh, jika seorang hacker mencoba menguji suatu situs, maka dipastikan situs tersebut tidak akan berantakan dan tertata dengan rapi dan aman dari serangan cracker.
  • Dapat menjaga keamanan sistem. Contohnya adalah seorang hacker yang mengurus suatu server jaringan. Maka ia akan menjaga keamanan tersebut agar tidak mudah dijebol dan diretas oleh orang lain (cracker).
  • Melakukan kegiatan dengan sengaja menjebol sistem yang telah ia ciptakan, untuk mengetahui kelemahan yang terdapat pada sistem tersebut dan menngevaluasi secara berkala.
Itulah sedikit penjelasan tentang Hacker, lalu apakah kita dapat menjadi seorang hacker? dan apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang hacker? Untuk belajar menjadi Hacker kalian dapat menggunakan beberapa OS (operating system) yang sering digunakan oleh seorang hacker. Kebanyak hacker banyak yang menggunakan sistem operasi linux. Apabila anda tertarik untuk belajar hacker dapat menggunakan 5 OS dibawah ini.

5 OS Linux Untuk Belajar Hacker


1. Kali Linux
https://www.kali.org/
Kali Linux sudah menjadi OS paling banyak digunakan oleh kalangan hacker di dunia. OS Kali Linux dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan hacking dan penetration testing. Kali Linux telah menyediakan banyak tools yang siap membantu kamu mempelajari ilmu hacking. Untuk mempelajari tentang OS Kali Linux dapat melalui forum resminya.
OS Kali Linux


2. BackBox Linux
https://www.backbox.org/
BackBox Linux adalah distro Linux yang dikembangkan dengan menggunakan Ubuntu Linux sebagai basis utama. BackBox linux dilengkapi dengan banyak tools-tools yang akan membantu kamu dalam computer forensic, pentesting, dan lain-lain.
OS BackBox Linux


3. Blackarch Linux
https://blackarch.org/
BlackArch  adalah distro Linux yang berbasiskan Arch Linux, menyediakan lebih dari 1.700 tools untuk kebutuhan pentesting dan hacking.
OS Blackarch Linux


4. Deft Linux
http://www.deftlinux.net/
Distro Linux yang satu ini dikhususkan untuk keperluan computer forensic dan dapat digunakan tanpa menginstal ke hard disk. Kamu hanya perlu mengistal di flashdisk, lalu menjalankannya secara live.
OS Deft Linux


5. Parrot Security OS
https://www.parrotsec.org/
Parrot Security OS sangat mudah digunakan sebab OS ini dibuat untuk mereka yang masih belajar hacker (pemula) ataupun hacker pro. Secara tampilan, Parrot Security OS dapat dikatakan sebagai "hacker sejati". Parrot Security OS juga tidak kalah dengan OS Kali Linux dan OS BackBox, karena sudah banyak terpasang tools untuk kegiatan hacking.
Parrot Security OS


Nah itu adalah 5 OS untuk Belajar Hacker hingga mahir, yang perlu kamu lakukan sebelum mencoba kelima distri linux untuk hacking diatas adalah membaca panduan dari msing-masing OS Distro Linux diatas.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon