10/02/2017

Macam-Macam Software Database Paling Sering Digunakan

Tags



Macam-Macam Software Database - Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa database merupakan sekumpulan informasi yang terpusat dan disimpan secara sistematis. Informasi dari basis data tersebut hanya dapat diakses melalui perangkat lunak yang dugunakan untuk mengelola serta memanggil basis data atau biasa disebut dengan Database Management System (DBMS).

Baca: Kelebihan dan Kelemahan DBMS

Software database menjadi bagian terpenting untuk mengakses database, dengan menggunakan software yang menjadi bagian penting didalam komputer. Ada berbagai macam software database yang bisa dijadikan untuk melakukan pengolahan basis data pada komputer. Dengan adanya perangkat lunak database ini komputer dapat berjalan dengan baik dan dapat berjalan sesuai dengan apa yang digunakan. Secara umum ada beberapa jenis software database yang sering digunakan seperti berikut ini.

Macam-Macam Software Database Paling Sering Digunakan


Macam-Macam Software Database
6 Macam-Macam Software Database yang sering digunakan


1. ORACLE
Oracle merupakan salah satu software database yang mampu menyimpan data dengan ukuran yang cukup besar hingga berukuran tera byte. Sistem database oracle banyak digunakan oleh perusahaan besar, ini disebabkan adanya kestabilan dalam setiap pemakaiannya. Lebih jelasnya mengenai tentang Software Database Oracle dapat anda baca pada artikel kami sebelumnya Keunggulan dan Kekurangan Oracle Database.

2. MICROSOFT ACCES
Software database yang kedua ini banyak dan paling sering digunakan, sebab cepat untuk digunakan untuk melakukan pengolahan data yang sifatnya kecil. Microsoft Access dapat menggunakan data yang telah tersimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC bahkan data dengan Excel. Para programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Software database access juga mendukung teknik pemrograman dengan berorientasi objek, namun software ini tidak digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

3. MS SQL SERVER
Microsoft SQL Server merupakan salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) dari Microsoft seperti halnya Micosoft Acces. Bahasa queri utamanya menggunakan Transact-SQL yang merupakan implementasi dari bahasa SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase.

Pada umumnya SQL Server digunakan dalam dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai menengah, namun seiring perkembangan zaman software database ms sql berkembang hingga berskala SQL Server pada basis data yang besar. Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat digunakan melakukan komunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity) yang mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java.

4. POSTGRE SQL
Software database yang satu ini berfungsi sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membangun database server. Perangkat lunak ini hanya bersifat open source dengan lisensi GPL atau General Public License. Dalam bahasa pemrograman yang sering menggunakan software databse ini diantaranya seperti SQL, C, C++, Java, PHP dan juga lainnya.

5. FIREBIRD
Software Database Firebird adalah sistem manajemen basisdata relasional yang telah menawarkan berbagai fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. Sistem basis data atau RDBMS ini dapat berjalan baik di sistem operasi Linux, Windows, bahkan sejumlah platform Unix.

Firebird merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland. Modul kode baru sudah banyak ditambahkan pada Firebird dan telah memiliki lisensi di bawah Initial Developer’s Public License (IDPL), sementara modul yang asli dirilis oleh Inprise yang berlisensi di bawah naungan InterBase Public License 1.0. dan kedua lisensi tersebut merupakan versi modifikasi dari Mozilla Public License.

6. MYSQL
Dan yang terakhir ini adalah software database yang mungkin paling banyak digunakan oleh para programer, ya MySQL. Software database yang satu ini menjadi salah satu perangkat lunak database yang paling terbuka untuk seluruh open cource dan bisa digunakan untuk seluruh platform seperti Linux maupun Windows. Selain memiliki kelebihan yang bisa digunakan untuk multi user, juga dapat digunakan untuk melakukan akses database dengan sistem network atau TCP/IP. Kelebihan lainnya adalah anda bisa mendapatakan software ini secara gratis, sebab database yang satu ini sudah disebar secara gratis dibawah lisensi GPL.

MySQL ini menjadi salah satu software database yang paling diunggulkan jika dibandingkan dengan database server lainnya terutama untuk masalah query data. Hal ini dikarenakan kecepatan membagi data pada software database ini lebih cepat jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Nah itulah 6 macam software database yang paling sering digunakan untuk pembuatan aplikasi. Sebenarnya masih banyak yang lain seperti dBase, syBase, FoxPro, DB2, dan lain lain. Mungkin lain waktu saya sambung kembali.

Demikian Macam-Macam Software Database, yang dapat kami berikan ke Anda. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat. Salam.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon