4/06/2018

3 Cara Cek Kecepatan Internet di Laptop, PC dan Smartphone



Cara Cek Kecepatan Internet - Cara untuk mengetahui kecepatan koneksi internet ternyata mudah dan tidak memerlukan aplikasi yang besar. Internet yang saat ini telah menjadi kebutuhan dari berbagai kalangan, entah itu untuk nge-blog, berbisnis, bersosial media, download musik, dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengakses internet anda harus memiliki koneksi internet, tentunya. Di Indonesia sudah banyak penyedia layanan internet seperti IndiHome yang menawarkan paket internet murah. Kecepatan internet yang anda miliki tergantung dengan layanan paket yang anda pilih, semakin tinggi maka semakin cepat pula kecepatan internet.

3 Cara Cek Kecepatan Internet di Laptop, PC dan Smartphone


Dari sisi penyedia layanan internet berbeda-beda dan memiliki kecepatan internet yang berbeda pula. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, dapat ambil contoh faktor lokasi, jika anda pengguna smartphone dan menggunakan layanan internet di pelosok yang sulit terjangkau sinyal tentu akan berpengaruh terhadap kecepatan internet itu sendiri. Nah, apabila anda bingung ingin cek kecepatan internet melalui Laptop, PC, dan Smartphone.

Berikut ini adalah cara cek kecepatan internet paling mudah dan cepat.

3 Cara Cek Kecepatan Internet


Sebagai rasa penasaran anda dan binggung kenapa kecepatan internet kok tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Tidaklah sulit untuk melakukan cek kecepatan internet.

#1. Cara Cek Kecepatan Internet Melalui PC atau Laptop

Dua cara pertama untuk cek kecepatan internet adalah dengan menggunakan tool online yang biasa digunakan dan dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Sebagai rekomendasi kepada anda saya gunakan Speedtest.net, sebab menurut saya akurat dan terbaik.

1. Kunjungi situs Speedtest.net.

2. Selanjutnya klik tombol Mulai untuk melakukan tes kecepatan koneksi internet anda,
Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Tool Online


3. Tunggu hingga beberapa detik hingga anda mengetahui hasil tes kecepatan internet yang telah anda lakukan.
Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Speedtest


Setelah hasilnya diketahui anda dapat melihat seberapa cepat kecepatan internet anda, mulai dari kecepatan download (unduh) hingga aploud (unggah).

Cara selanjutnya untuk tes kecepatan koneksi internet selain menggunakan Speedtest.net adalah dengan menggunakan Command Prompt (CMD) seperti dibawah ini.

1. Buka Command Prompt (CMD) dengan menekan tombol Win+R di keyboard atau melalui Start Menu > Run, dengan mengetikan CMD lalu Enter.

2. Selanjutnya ketikan "ping 8.8.8.8 -t -l 1000" lalu Enter.

3. Kemudian anda akan langsung diperlihatkan sebuah data seperti dibawah ini.
Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Command Prompt


Keterangan:
Jika nilai waktu menunjukkan angka kecil maka koneksi internet anda sangat cepat begitupun sebaliknya jika semakin besar maka koneksi internet anda lambat. Dan jika anda menemui pesan "Request Time Out" maka koneksi internet anda sedang tidak baik atau terputus.
Baca: Cara Mengatasi Koneksi Internet "Server not Found atau Request Time Out".

#2. Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Smartphone Android

Cara tes kecepatan internet selanjutnya adalah dengan menggunakan Smartphone Android, langkah-langkahnya hampir sama seperti menggunakan tool online yaitu dengan memasang aplikasi speedtest di smartphone. Namun Speedtest.net atau Speedtest.co.id. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan Speedtest.co.id, sebab lebih mudah dan tanpa harus memasang aplikasi.

Setelah membuka situs tes kecepatan koneksi internet melalui smartphone, yaitu Speedtest.co.id. Tekan tombol Start Test, kemudian tunggu beberapa saat hingga anda mengetahui hasil tes kecepatan internet anda mulai dari Download, Uploud, Ping, dan Jitter, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Smartphone
Dari hasil tes kecepatan internet di smartphone terlihat bahwa koneksi internet dengan menggunakan 4G LTE cukup kencang itu terbukti dengan bahwa kecepatan download mencapai 30 mbps, aploud 21 mbps. Smarthone yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy J7 2016 yang telah di upgrade menjadi Android 7.0.

Demikian cara cek kecepatan internet di Laptop, PC, dan Smartphone, semoga tutorial diatas berguna dan bermanfaat bagi anda.

MaxAndro.com (ex. androsoftware.xyz) Silahkan berkomentar dengan baik, asal tidak melanggar peraturan dibawah ini.
1. NO SPAM
2. NO SARA
3. NO LINK AKTIVE

Terimakasih

Admin MaxAndro
EmoticonEmoticon